7 April 2020
  • 7 April 2020
Breaking News
  • Home
  • Daerah
  • KAPOLRI Pimpin Upacara Parade HUT KE-69 KORPOLAIRUD

KAPOLRI Pimpin Upacara Parade HUT KE-69 KORPOLAIRUD

By on 4 December 2019 0 108 Views

Banten, ROC – Sejak berdiri tahun 1950, Polairud telah berhasil menunjukan eksistensinya dalam mengemban tugas pokok Polri khususnya di wilayah perairan dan udara. Berbagai capaian prestasi baik dalam hal penegakan hukum, pemeliharaan kamtibmas, maupun perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat telah membanggakan Kepolisian.

Polairud memiliki peran penting dalam pemberantasan berbagai kejahatan, seperti illegal fishing, penyelundupan narkotika, perdagangan manusia, serta kejahatan lainnya. Polairud juga berhasil dalam mendukung pengamanan agenda nasional Pilpres dan Pileg serentak tahun 2019, pemadaman kebakaran hutan dan lahan, serta mendukung berbagai operasi Kepolisian, seperti Operasi Tinombala di Poso dan Operasi Nemangkawi di Papua.

Demikian dikatakan Kapolri Jenderal Pol Drs Idham Azis, M.Si, dalam amanatnya sebagai Inspektur Upacara Parade dan Peringatan HUT Ke – 69 Korpolairud tahun 2019 yang digelar di Lapangan Upacara Direktorat Kepolisian Udara Pondok Cabe, Tangerang Banten, Rabu (4/12).

Lebih lanjut Kapolri mengatakan bahwa peran aktif Polairud dalam bidang kemanusiaan, seperti membantu pergeseran pasukan dan dukungan logistik yang bersifat segera dan darurat, melakukan Search and Rescue (SAR) dalam berbagai bencana alam dan musibah kecelakaan, serta mengevakuasi masyarakat korban kerusuhan di Wamena Papua telah menjadikan Polri semakin dicintai oleh masyarakat.

“Atas berbagai capaian tersebut, pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih, apresiasi, dan penghargaan kepada seluruh personel Polairud dan para senior pendahulu atas dedikasi dan pengorbanan yang diberikan dalam mengembangkan dan memajukan institusi Polri khususnya Korpolairud”, jelas Kapolri.

Kedatangan Kapolri disambut oleh Kabaharkam Polri Komjen Pol. Drs. Firly Bahuri, M.Si, Kakorpolairud Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum, Dirpolair Korpolairud Brigjen Pol. Makhruzi Rahman S.IK., M.H. dan Dirpoludara Brigjen Pol. Drs. Sumego Adie Soetojo.

Kapolri juga mengungkapkan kebanggaannya terhadap Kesatuan Korpolairud dan berharap, semoga Polairud semakin profesional, unggul, modern, serta senantiasa menjadi kebanggaan bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

“Selaku Pimpinan Polri dan atas nama seluruh keluarga besar Polri, dengan rasa bangga saya mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-69 kepada 7.795 personel Polairud di mana pun saudara bertugas”, ucapnya.

Lebih jauh dijelaskan, bahwa tantangan Polri ke depan semakin kompleks. Terdapat beberapa agenda nasional yang harus dikawal, keberlanjutan berbagai Operasi Khusus Kepolisian, dan antisipasi kejadian kontinjensi lainnya, seperti bencana alam dan konflik sosial yang harus dapat segera ditanggulangi. Maka berkaitan dengan hal tersebut, berbagai upaya pemenuhan sarana prasarana juga terus dilakukan guna mendukung Polri dalam menjaga stabilitas keamanan dalam negeri.

“Sepanjang tahun 2019, Polairud telah mendapat penambahan 8 armada Kapal Polisi dan 1 unit Helikopter Bell 429, di samping itu juga merencanakan penambahan kapal patroli cepat dan helikopter angkut. Dengan adanya penambahan sarana tersebut, diharapkan eksistensi Polairud semakin dirasakan masyarakat maupun institusi Polri”, kata Kapolri.

Kapolri juga mengingatkan kepada seluruh jajaran Polairud untuk senantiasa meningkatkan kesiapsiagaan personel, serta sarana dan prasarana pendukung dalam setiap pelaksanaan tugas.

Kapolri berharap dan berpesan kepada seluruh jajaran Korpolairud, untuk, Pertama yaitu jaga kesehatan pribadi dan keluarga, serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME.

Kedua, jaga kehormatan pribadi, kesatuan, dan institusi Polri, dengan tidak melakukan pelanggaran yang dapat menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri.

Ketiga, tingkatkan kinerja dan kerja sama yang sinergis dengan TNI, Kementerian/Lembaga, dan seluruh elemen masyarakat di semua tingkatan guna mendukung berbagai agenda nasional dan kebijakan pemerintah; Keempat, terus pelihara kesiapsiagaan personel, sarana dan prasarana pendukung, serta persiapkan rencana dengan optimal dalam setiap tugas yang diberikan.

“Dan kelima, lakukan inovasi dan terobosan kreatif dalam memberikan pelayanan, khususnya di wilayah perairan serta pulau-pulau terluar, sehingga memberikan manfaat besar bagi masyarakat”, tandasnya.

Upacara parade yang bertema “SDM Unggul Dengan Almatsus Modern Korpolairud Siap Menjaga Stabilitas Keamanan Dalam Negeri” tersebut, juga dihadiri Wakapolri Komjen Pol. Drs. Ari Dono Sukmanto, Kabaintelkam Komjen Pol. Drs. Agung Budi Maryoto, Irwasum Komjen Pol. Drs. Moechgiyarto, Kalemdiklat Komjen Pol. Drs. Arief Sulistyanto, Kadivhumas Irjen Pol. Drs. Muh. Iqbal, Pejabat Utama Mabes Polri dan juga Kapolda Metro Jaya. Para tamu undangan dari berbagai instansi antara lain Kementerian Kelautan dan Perikanan, DPR RI, pejabat TNI, Kepala BNN, Kepala Bakamla, pejabat Basarnas, pejabat dari berbagai Instansi Kemaritiman, pejabat dari Instansi Penerbangan, para sesepuh  Purnawirawan Polri dan juga Bhayangkari.

Bertindak selaku Komandan Upacara Kombes Pol. Drs. Suroso Miharjo, M.M. yang sehari – hari menjabat sebagai Analis Kebijakan pada Korpolairud. Upacara Parade diikuti sejumlah 647 personel yang terdiri dari Pleton Pataka Korpolairud ‘Nityacas Samapta’, Kompi gabungan Puspenerbad TNI AD dan Korp Brimob Polri, Kompi Ditsabhara, Kompi Ditpolair, Kompi Poludara, Kompi gabungan Ditpolairud Polda Metro Jaya, Pusdik Polair dan SAR gabungan, Kompi gabungan Basarnas, ASN dan Pramuka Saka Bhayangkara. Juga menampilkan 1 unit Almatsus Rubber boat, 1 unit helikopter MI 2, 1 unit helikopter Enstrom 480B, Kendaraan khusus SAR Perairan dan Pasukan Berkuda dari Ditpolsatwa Baharkam Polri.

Upacara dirangkaikan dengan beberapa personel yang menampilkan demonstrasi ketrampilan yang terdiri dari kombinasi bela diri, rampak gendang sinergitas TNI – Polri, demonstrasi SAR penanganan bencana, Penindakan pelaku tindak pidana Narkoba dan juga atraksi terjun payung. Seluruh rangkaian kegiatan parade Upacara HUT ke – 69 Korpolairud  berjalan dengan lancar dan tertib kemudian dilanjutkan dengan acara ramah tamah.

  Daerah
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *