15 June 2019
  • 15 June 2019
Breaking News
  • Home
  • Nasional
  • Jokowi Berharap MRT Jakarta Meningkatkan Budaya Disiplin Waktu

Jokowi Berharap MRT Jakarta Meningkatkan Budaya Disiplin Waktu

By on 24 March 2019 0 73 Views

JAKARTA, ROC – Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakin, dengan diresmikannya Moda raya Terpadu (MRT) Jakarta, akan dibarengi budaya baru masyarakat dengan beralih menggunakan transportasi massal dan disiplin waktu.

Hal tersebut dikatakan Jokowi usai meresmikan MRT MRT Jakarta fase pertama yang memiliki panjang 16 kilometer dari Lebak Bulus – Bundaran Hotel Indonesia (HI) di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (24/3/2019).

“Inilah nanti budaya baru yang ingin terus kita kenalkan, kita sosialisasikan, peradaban baru, kita harus yakin bisa mengubah budaya lama masyarakat ke budaya baru, apa itu?, antre kalau mau masuk MRT, jangan buang sampah sembarangan di stasiun atau di dalam MRT, yang ketiga disiplin tepat waktu karena kalau tidak dibudayakan percuma kita miliki MRT,” kata Jokowi usai peresmian.

Tidak hanya peresmian MRT Jakarta fase pertama, Jokowi sekaligus melakukan peletakan batu pertama pembangunan MRT Jakarta fase kedua yang rencananya memiliki panjang 8,3 kilometer dari Bundarah HI sampai Kampung Bandan.

Kedepan, lanjut Jokowi, masyarakat akan dimudahkan jika hendak bepergian dari satu tempat ke tempat lain dengan moda transportasi yang sudah saling terintegrasi. Dengan demikian, budaya menggunakan kendaraan pribadi bisa beralih ke transportasi umum sehingga kemacetan di Jakarta bisa teratasi.

“Kalau diintegrasikan masyarakat akan diberikan kemudahan datang ke sebuah tempat sehingga meninggalkan kendaraan pribadi, lebih nyaman cepat naik MRT naik TransJakarta, LRT yang akan segera selesaikan, harapan kita itu, ke bandara gak usah bawa mobil sebabkan macet, bisa naik MRT ke Dukuh Atas pindah naik kereta bandara, moda yang terintegrasi akan terus di otak atik sehingga terintegrasi betul,” papar Jokowi.

Mantan gubernur DKI Jakarta ini menyebut persiapan MRT Jakarta fase kedua tidak ada masalah dan dalam kurun waktu 10 tahun bisa tercapai 231 kilometer jalur MRT.

Hadir dalam peresmian, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto, Kepala Bekraf Triawan Munaf, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, mantan gubernur DKI Jakarta Sutiyoso, Direktur Utama MRT Jakarta William Sabandar, dan perwakilan JICA.

Mulai besok, Senin (25/3/2019) masyarakat bisa menggunakan MRT Jakarta menggunakan kartu perjalanan secara gratis selama satu pekan. MRT Jakarta akan dikomersilkan pada 1 April 2019 dengan tarif hasil kesepakatan Pemprov DKI Jakarta dan DPRD DKI Jakarta.

Pada masa operasi gratis, MRT Jakarta akan mengoperasikan tujuh rangkaian kereta dan satu cadangan dengan operasi mulai pukul 05.30 sampai 22.30 WIB. Sementara saat komersil akan beroperasi 14 rangkaian kereta dengan dua cadangan, beroperasi dari pukul 05.00 hingga 24.00 WIB. [spy]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *