24 October 2020
  • 24 October 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Jokowi : Walau Terganjal Pembebasan Lahan dan Pandemi Corona, PSN Harus Terus Berjalan

Jokowi : Walau Terganjal Pembebasan Lahan dan Pandemi Corona, PSN Harus Terus Berjalan

By on 31 May 2020 0 150 Views

Jakarta, ROC – Presiden Joko Widodo (Jokowi) minta agar Proyek Strategis Nasional (PSN) terus jalan di tengah pandemi Corona. Jokowi minta proyek-proyek yang sudah ditetapkan dalam PSN bisa diprioritaskan.

Terkait dengan PSN, Jokowi pun minta agar proyek-proyek yang sudah ditetapkan dalam PSN bisa diprioritaskan. Terlebih untuk proyek-proyek yang dinilai berdampak langsung terhadap pemulihan ekonomi. Namun pelaksanaan PSN masih menghadapi kendala.

Jokowi mengatakan salah satu kendala pelaksanaan PSN adalah pembebasan lahan.

“Selesaikan secepat-cepatnya berbagai hambatan berbagai sumbatan bagi pelaksanaan PSN di lapangan. Saya menerima laporan bahwa hambatan yang paling besar masih pada urusan pembebasan lahan,” tegasnya saat membuka rapat terbatas virtual, Jumat (29/5) lalu.

Menurut Jokowi saat ini juga sudah masuk adanya usulan tambahan 245 proyek ke dalam PSN. Jokowi minta usulan tambahan itu disaring untuk dipilih proyek yang bisa memulihkan ekonomi di masa pandemi.

“Terkait dengan usulan 245 PSN baru saya minta untuk betul-betul dilihat di lapangan, dihitung dikalkulasi secara rinci mana yang direkomendasi dan mana yang tidak direkomendasi. Prioritas penambahan proyek yang memiliki daya ungkit besar pada pemulihan ekonomi pasca pandemi saya kira sangat penting untuk kita dahulukan,” tegasnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima usulan 245 proyek baru untuk dimasukkan ke dalam Proyek Strategis Nasional (PSN). Dari usulan itu Jokowi hanya menyetujui 89 proyek.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, dari 245 proyek usulan itu yang diterima masuk ke dalam PSN sebanyak 89 proyek. Nilainya mencapai Rp 1.422 triliun.

“Dari proyek ini, dari 245, maka 89 direkomendasikan sebagai PSN baru dan PSN baru itu sebesar Rp 1.422 triliun,” ujarnya.

Airlangga menerangkan, dari 89 proyek yang lolos masuk ke dalam PSN, 56 proyek diantaranya merupakan proyek usulan baru. Kemudian 10 proyek merupakan proyek perluasan dari sebelumnya, 15 proyek dikelompokkan dari program baru dan 8 proyek ketenagalistrikan.

“Di dalam perinciannya ada 15 proyek terkait jalan dan jembatan, ada 5 proyek bandara Rp 5,66 triliun, 5 proyek kawasan industri Rp 327,2 triliun. 13 proyek bendungan dan irigasi senilai Rp 21,8 triliun dan 1 proyek tanggul laut Rp 5,68 triliun, 1 program dan 2 proyek smelter, kemudian 1 proyek penyediaan lahan pangan di Kalteng sedang dipersiapkan juga,” terangnya.

“Kemudian 5 proyek pelabuhan, 6 proyek kereta api, 13 proyek kawasan perbatasan, 13 proyek energi, 6 proyek air bersih, 1 proyek pengelolaan sampah dan 3 proyek pengembangan teknologi termasuk drone Rp 7,17 triliun,” tambahnya

Pandemi Corona Jangan Hentikan PSN

Sekalipun ada pandemi Corona, Jokowi ingin PSN terus berjalan dan tak terkendala. Dia telah mengumpulkan para menterinya dalam rapat terbatas khusus membahas evaluasi PSN untuk pemulihan ekonomi nasional dampak Covid-19. Saat membuka rapat tersebut dia menegaskan bahwa PSN sangat penting bagi negara.

“Pertama walaupun saat ini kita tengah menghadapi pandemi tapi agenda-agenda strategis yang sangat penting bagi bangsa dan negara kita yang menjadi prioritas bagi kepentingan nasional tidak boleh berhenti dan tetap harus kita lanjutkan,” tuturnya.

Agenda strategis yang dimaksud Jokowi tidak hanya di bidang ekonomi, tapi juga di bidang mendasar lainnya yang penting bagi kehidupan rakyat. Dia mencontohkan seperti peingkatan kualitas SDM, menurunkan stunting dan lain sebagainya.

“Ini artinya kita harus fokus menangani dan mengendalikan Covid-19 tapi agenda-agenda strategis yang berdampak besar bagi kehidupan rakyat juga tidak boleh dilupakan,” tambahnya.

Jokowi minta percepatan pelaksanaan PSN yang berdampak langsung bagi penguatan ekonomi rakyat dan pada pemulihan ekonomi nasional harus diprioritaskan.

Jokowi menyebut beberapa PSN yang sangat penting bagi pemerataan dan penguatan ekonomi rakyat. Misalnya seperti program sertifikasi tanah untuk rakyat, legalisasi lahan transmigrasi, reforma agraria, perhutanan sosial serta peremajaan perkebunan rakyat.

Jokowi ingin pastikan seluruh program prioritas dalam PSN tetap berjalan. Namun dia menegaskan agar tetap mengikuti protokol kesehatan secara ketat.(Red)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *