26 March 2019
  • 26 March 2019
Breaking News
  • Home
  • Nasional
  • Jokowi Sambangi Lokasi Terdampak Gempa dan Tsunami di Sulteng

Jokowi Sambangi Lokasi Terdampak Gempa dan Tsunami di Sulteng

By on 3 October 2018 0 67 Views

Palu, ROC – Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini terjun langsung ke lokasi bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Dengan menggunakan helicopter, Jokowi berkeliling meninjau langsung beberapa titik yang terdampak bencana dan langsung menyaksikan evakuasi korban di hotel roa-roa.

“Proses penanganan pascagempa di Sulawesi Tengah berjalan baik. Penanganan ini mencakup evakuasi korban, perawatan medis serta pemenuhan kebutuhan lainnya,” ujar Jokowi di, Palu, Rabu (3/10).

Selain penanganan medis terhadap korban luka, Jokowi memastikan pasokan listrik akan tercukupi lewat perbaikan gardu induk. Menurutnya, aliran listrik sudah mendapatkan pasokan sebanyak 40 persen.

“Distribusi BBM sudah normal. Logistik sudah mulai masuk dan menyebar. Memang ada tempat yang belum terjangkau, tapi sudah mulai hari ini. Saya perintahkan untuk diantar ke sana,” sambungnya.

Selain itu, Jokowi memastikan pemulihan pasca gempa dilakukan juga terkait dengan kondisi psikis masyarakat. Jokowi juga berharap kegiatan ekonomi segera pulih.

“Kalau segera selesai, kita ingin hidupkan titik ekonomi, baik pasar, toko. Saya sampaikan ke Pak Gubernur agar mereka diajak, diimbau untuk dibuka toko, pasar, sehingga aktivitas ekonomi bergerak kembali. Kita berharap proses ini selesai dan masuk tahap rehabilitasi dan rekonstruksi,” tutur Jokowi.

Untuk proses evakuasi korban yang masih terjebak di reruntuhan Hotel Roa Roa, Palu, masih dikerjakan. Diperkirakan masih ada 30 korban yang terjebak di runtuhan puing-puing.

“Di sini di Hotel Roa Roa juga diperkirakan masih ada 30 korban yang ada di dalam. Proses ini terus kita selesaikan agar seluruh korban yang ada bisa diangkat,” kata Jokowi.

Jokowi meninjau langsung proses evakuasi korban gempa di Hotel Roa Roa, dan  beliau sempat masuk ke dalam hotel dan melihat proses evakuasi jasad korban dari balik reruntuhan.

Sementara, laporan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana melaporkan bahwa perkembangan terbaru soal penanganan bencana gempa dan tsunami Sulawesi Tengah (Sulteng). Data terbaru, 1.407 orang meninggal sudah ditemukan.

Jumlah korban jiwa per 3 Oktober 2018 pukul 13.00 WIB, 1.407 orang meninggal dunia terdiri dari wilayah Kota Palu, sebagian Donggala, sebagian Sigi, dan Parigi Moutong.

Dari data 1.407 orang meninggal, 1.177 orang ditemukan di Palu, sedangkan di Parigi Moutong ditemukan 12 orang dan Sigi 65 orang.  2.549 orang dilaporkan luka berat dan 113 orang hilang. Korban tertimbun dilaporkan 152 orang.  Sebanyak 70.821 orang dilaporkan mengungsi di 141 titik dan 65.733 rumah rusak. (Red/Andrifal/Cecep/Detik)

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *