20 January 2021
  • 20 January 2021
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Jokowi Sah Umumkan Reshuffle Kabinet Indonesia Maju, ini 6 Menteri Barunya

Jokowi Sah Umumkan Reshuffle Kabinet Indonesia Maju, ini 6 Menteri Barunya

By on 23 December 2020 0 39 Views

ROC — Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya mengumumkan perombakan (reshuffle) Kabinet Indonesia Maju jilid dua, di teras Istana Negara Jakarta, pada Selasa sore kemarin (22/12).

Dalam pengumuman tersebut, Jokowi mengenalkan enam orang nama sebagai menteri-menteri baru di Kabinet Indonesia Maju, yang menggantikan enam menteri sebelumnya.

“Sore ini saya dan Bapak Wapres Ma’ruf Amin,  ingin mengumumkan anggota baru Kabinet Indonesia Maju,” ujar Jokowi dipantau dari tayangan langsung berbagai sumber.

Dalam tayangan tersebut, Jokowi memperkenalkan keenam menteri baru Kabinet Indonesia Maju secara berurut, dan para menteri baru tersebut maju satu persatu. Keenamnya terlihat kompak menggunakan baju putih dengan jaket berwarna biru.

Pertama, Jokowi memanggil Tri Rismaharini. Wali Kota Surabaya itu diberi mandat untuk bertanggung jawab sebagai Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara yang saat kini menjadi tersangka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kedua, Jokowi mengenalkan Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sandiaga yang diketahui sebagai mantan wakil Gubernur DKI Jakarta dan juga saat ini sebagai Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), didaulat  menggantikan posisi Wishnutama Kusubandio.

Ketiga, Jokowi mengenalkan Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan. Budi yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN didaulat menggantikan posisi Terawan Agus Putranto.

Keempat, Jokowi mengenalkan Yaqut Cholil Quomas sebagai Menteri Agama. Yaqut atau lebih sering disapa Gus Yaqut, yang juga dikenal sebagai tokoh muslim, diberi tanggung jawab menggantikan posisi Fachrul Razi.

Kelima, Jokowi mengenalkan Wahyu Sakti Trenggono, yang terakhir menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan untuk menggantikan posisi Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KP), yang saat ini juga telah menjadi tersangka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Diurutan terakhir Jokowi mengenalkan M Lutfi sebagai Menteri Perdagangan. M Lutfi yang sebelumnya menjabat sebagai Duta Besar untuk Indonesia di Jepang dan terakhir di Amerika Serikat itu, ditunjuk Jokowi untuk menggantikan posisi Agus Suparmanto.

Usai mengenalkan keenam menteri barunya, Jokowi juga menginformasikan jadwal pelantikan mereka yang digelar pada Rabu pagi ini (23/12/2020).

“Saya rasa itu perkenalan yang bisa saya sampaikan sore ini dan pelantikan akan dilaksanakan insya Allah besok pagi, semoga para menteri-menteri yang terpilih ini mampu bekerja cepat dan menjalankan tugas dengan baik, terutama dalam penanganan Covid-19 serta perbaikan dan pemulihan perekonomian Indonesia,” pungkas Jokowi.

Idj/Red

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *