23 April 2021
  • 23 April 2021
Breaking News
  • Home
  • Daerah
  • Jokowi Resmikan KRL Jogja-Solo dan Tinjau Vaksinasi Massal

Jokowi Resmikan KRL Jogja-Solo dan Tinjau Vaksinasi Massal

By on 1 March 2021 0 42 Views

ROC – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak menuju Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Minggu (28/02/2021) sore, dalam rangka kunjungan kerja.

Dari pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 16.00 WIB, Kepala Negara dan rombongan terbatas lepas landas menuju Pangkalan TNI AU Adisutjipto, Kabupaten Sleman, DIY.

Setibanya di Sleman, Jokowi langsung menuju Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta, untuk bermalam dan melanjutkan kegiatan pada Senin (1/3).

“Pada Senin, 1 Maret 2021, Kepala Negara diagendakan untuk meninjau vaksinasi massal bagi para pekerja publik di sejumlah tempat di Kota Yogyakarta,” dalam siaran pers dilansir dari laman Setkba, Senin (1/3).

Selain itu, Jokowi juga direncanakan akan meresmikan pengoperasian kereta rel listrik lintas Yogyakarta-Solo.

Hadirnya moda transportasi dengan rute tersebut akan meningkatkan aksesibilitas dan kemudahan bertransportasi serta memberikan nilai tambah ekonomi bagi warga sekitar, khususnya yang berada di Yogyakarta, Klaten, dan Solo.

Turut serta bersama Jokowi dalam keberangkatan menuju DIY tersebut Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Mampu melayani 1.600 orang dalam satu kali perjalanan

Sebelumnya diberitakan, Perusahaan Listrik Negara (PLN) memenuhi kebutuhan listrik, untuk operasional Kereta Rel Listrik (KRL) Jogja – Solo. Beroperasinya KRL Jogja – Solo berbasis energi listrik ini akan menggantikan operasional Kereta Api terdahulu yaitu Prambanan Ekspres atau Prameks.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN Agung Murdifi menyampaikan bahwa hal ini merupakan komitmen PLN dalam mendukung penggunaan energi yang ramah lingkungan sekaligus mendukung infrastruktur strategis dan fasilitas umum yang melayani masyarakat.

Adapun, KRL Jogja – Solo ini juga diharapkan dapat mendukung pariwisata dengan transportasi umum massal yang lebih ramah lingkungan.

“Ini merupakan komitmen PLN untuk terus mendukung penggunaan energi bersih. Dengan peralihan dari diesel ke energi listrik, diharapkan dapat mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil serta membantu menciptakan lingkungan yang lebih green,” tutur Agung dalam keterangan tertulis Kamis (18/2) lalu.

Agung menjelaskan PLN melayani PT Kereta Api Indonesia Commuter untuk operasional KRL Jogja – Solo dengan daya 44.320 kiloVolt Ampere (kVA). Kebutuhan listrik tersebut digunakan untuk kebutuhan listrik traksi KRL Jogja – Solo yang melintasi Stasiun Yogyakarta, Lempuyangan, Maguwo, Brambanan, Srowot, Klaten, Ceper, Delanggu, Gawok, Purwosari, dan Solo Balapan dengan jarak kurang lebih 60 kilometer.

Dikutip dari situs web KAI Commuter, KRL Jogja – Solo memiliki 20 perjalanan KRL yang setiap harinya beroperasi di lintas Yogyakarta –Solo PP. Waktu tempuh perjalanan KRL ini rata-rata sekitar 68 menit, ini lebih cepat waktunya dibandingkan perjalanan KA Prameks terdahulu dengan waktu tempuh rata-rata selama 75 menit dengan pemberhentian di 7 stasiun.

Dalam jumlah kapasitas pengguna, setiap perjalanan KRL lebih banyak dalam melayani penggunanya. Dengan jumlah 4 kereta di setiap satu rangkaian kereta, KRL pada masa normal dapat melayani 1.600 orang dalam satu kali perjalanan, namun dalam masa pandemi ini KAI Commuter mengatur kapasitas pengguna sebanyak 74 orang per kereta.

Kecepatan maksimal perjalanan KRL ini bisa mencapai 90 km/jam, sedangkan kecepatan maksimal perjalanan KA Prameks secepat 78-80 km/jam.

Red

 

The absence of warnings or other information for a given drug does not indicate that the drug or drug combination is safe, effective, or appropriate for all patients or all specific uses. buy cialis Many people have erectile dysfunction ED , but it is often possible to reverse this with exercises to strengthen muscles in the area.

  Daerah
Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *