23 April 2021
  • 23 April 2021
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Jokowi: Pengembangan Vaksin Covid-19 Harus Transparan dan Ikuti Kaidah Ilmiah

Jokowi: Pengembangan Vaksin Covid-19 Harus Transparan dan Ikuti Kaidah Ilmiah

By on 12 March 2021 0 28 Views

ROC – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pengembangan vaksin virus Corona (Covid-19) harus sesuai dengan kaidah ilmiah.

Saat ini terdapat dua jenis vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh Indonesia. Antara lain adalah vaksin merah putih dan vaksin nusantara.

“Tapi untuk menghasilkan produk obat dan vaksin yang aman, berkhasiat dan bermutu, mereka juga harus mengikuti kaidah-kaidah saintifik,” ujar Jokowi dalam keterangan resmi, Kamis (11/3).

Jokowi mengatakan, pengujian hal tersebut harus dilakukan secara transparan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Pasalnya prinsip kehati-hatian harus dikembangkan dalam pembuatan vaksin.

Dukungan terhadap kedua vaksin tersebut diberikan oleh pemerintah. Kebutuhan vaksin yang besar bagi masyarakat Indonesia untuk menghadapi pandemi Covid-19 menjadi latar belakang dukungan tersebut.

“Tentunya kita akan selalu mendukung inovasi-inovasi yang dilakukan oleh para inovator kita,” terang Jokowi.

Kemandirian dalam sektor farmasi dan kesehatan menjadi salah satu visi Jokowi. Saat ini Indonesia tengah melakukan program vaksinasi dengan menggunakan vaksin yang dibuat berdasarkan kerja sama dengan perusahaan asal China yakni Sinovac.

Indonesia juga telah mendatangkan vaksin Covid-19 yang dikembangkan AstraZeneca. Ada pula vaksin produksi Pfizer dan Novavax yang telah dijajaki Indonesia untuk dapat digunakan.

Red

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *