8 July 2020
  • 8 July 2020
Breaking News
  • Home
  • Nasional
  • Jokowi Pastikan Sirkuit MotoGP Mandalika Rampung 2020

Jokowi Pastikan Sirkuit MotoGP Mandalika Rampung 2020

By on 18 May 2019 0 221 Views

LOMBOK, ROC – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung meninjau kawasan wisata Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (17/5/2019).

Dalam kunjungannya Presiden Jokowi mengungkapkan harapannya agar semua fasilitas terkait rencana penyelenggaraan MotoGP 2021 dapat segera diselesai pada tahun 2020, termasuk pembangunan Jalan Elak (Bypass) Bandara Internasional Lombok (BIL) menuju Mandalika yang akan dikerjakan Kementerian PUPR.

“Perluasan bandara sudah, selanjutnya untuk pembangunan jalan penloknya sudah ada, sehingga kita harapkan konstruksi paling lambat dimulai pada Januari 2020. Sehingga tahun 2020, semua fasilitas yang diinginkan oleh MotoGP betul-betul sudah siap. Sehingga mereka yakin dan kita pada tahun 2021 betul-betul bisa melihat MotoGP diselenggarakan di Mandalika, Lombok, NTB, Indonesia,” kata Presiden Jokowi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan, jalan tersebut akan dibangun sepanjang 17 km dengan lebar jalan 50 meter terdiri dari 4 lajur, termasuk trotoar dan median jalan.

Keberadaan jalan tersebut untuk menunjang aktivitas pariwisata di Mandalika seiring rencana penyelenggaraan balap motor MotoGP pada 2021 mendatang.

“Penetapan lokasinya baru minggu lalu ditetapkan oleh Bupati Lombok Tengah, setelah itu lanjut proses pengukuran, appraisal, sosialisasi, musyawarah kemudian pembayaran. Semua menggunakan APBN untuk pembebasan lahan dan konstruksi nya. Konstruksi akan segera dimulai setelah pembebasan lahan, paling lambat Januari 2020 sudah dimulai,” kata Menteri Basuki.

Luas lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan jalan tersebut diperkirakan mencapai 866.512 meter persegi yang akan dibagi menjadi tiga segmen dan dilengkapi underpass/overpass di 10 lokasi. Total biaya yang dibutuhkan sekitar Rp 1,45 triliun termasuk biaya pembebasan lahan sebesar Rp 147 miliar.

Sebagaimana diketahui rencananya Mandalika akan menjadi tempat penyelenggaraan salah satu seri balap motor internasional, MotoGP. [spy]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *