30 May 2020
  • 30 May 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Jokowi Janjikan Bantuan Ekonomi Untuk UMKM dan Pekerja Informal Yang Terdampak Kebijakan Pembatasan Sosial

Jokowi Janjikan Bantuan Ekonomi Untuk UMKM dan Pekerja Informal Yang Terdampak Kebijakan Pembatasan Sosial

By on 30 March 2020 0 109 Views

Foto : Presiden Jokowi (twiter.com/Jokowi)

Jakarta, ROC — Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) janjikan pemerintah akan segera menyiapkan perlindungan sosial bagi UMKM dan pekerja informal yang terdampak kebijakan pembatasan sosial akibat pandemi Covid-19. Presiden Jokowi pastikan pemerintah saat ini tengah menyiapkan perlindungan sosial dan stimulus ekonomi bagi para pelaku UMKM dan pekerja informal tersebut.

Jokowi menyampaikan hal tersebut saat membuka rapat terbatas (ratas) bersama Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 melalui siaran konferensi video, Senin (30/3).

“Kemudian bagi UMKM, pelaku usaha, dan pekerja informal. Tadi kita sudah kita bicarakan pemerintah segera menyiapkan program perlindungan sosial dan stimulus ekonomi. Ini yang segera kita umumkan kepada masyarakat,” ujar Jokowi.

Jokowi menyadari banyak pendatang di DKI Jakarta yang mempercepat mudik ke kampung halaman, lantaran kehilangan penghasilan sehari-hari.

Menurutnya, para pendatang yang umumnya bekerja sebagai pedagang makanan kehilangan pendapatannya akibat pemberlakukan aturan kerja dari rumah oleh perusahaan dan intansi pemerintahan.

“Banyak pekerja informal di Jabodetabek terpaksa pulang kampung karena penghasilannya menurun sangat drastis atau bahkan hilang. Tidak ada pendapatan sama sekali akibat diterapkannya kebijakan tanggap darurat yaitu kerja di rumah,” ujar Jokowi.

Sedangkan seperti diketahui, mudik dapat menjadi medium penyebaran virus corona terbesar ke daerah-daerah. Dan saat ini Jabodetabek, khususnya Jakarta, telah menjadi daerah dengan jumlah pasien Covid-19 terbanyak di Indonesia.

Karena itu, Jokowi meminta seluruh jajarannya segera mempersiapkan dan mengaktifkan jaring pengaman sosial berupa pemberian insentif harian kepada masyarakat yang diminta untuk tidak mudik.

“Karena itu saya minta percepatan program sosial safety net (jaring pengaman sosial) yang memberikan perlindungan sosial di sektor informal, para pekerja harian maupun program insentif ekonomi bagi usaha mikro usaha kecil betul-betul dilaksanakan di lapangan, sehingga para pekerja informal, buruh harian, pedagang asongan, semuanya bisa memenuhi kebutuhan dasarnya sehari-hari,” ujar Jokowi.

 

(idj/idj)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *