11 July 2020
  • 11 July 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Jokowi : Daerah Harus Siap Pastikan Kendalikan Corona Jelang New Normal, Tambah Pasukan di Daerah Yang Kurvanya Masih Tinggi

Jokowi : Daerah Harus Siap Pastikan Kendalikan Corona Jelang New Normal, Tambah Pasukan di Daerah Yang Kurvanya Masih Tinggi

By on 27 May 2020 0 67 Views

Foto: Presiden RI Joko Widodo

Jakarta, ROC — Pemerintah sedang mempersiapkan penerapan ‘new normal’ atau pelaksanaan protokol tatanan normal baru yang produktif. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar kesiapan semua daerah mengendalikan virus Corona atau Covid-19 dicek.

“Yang keempat, dalam menuju tataran normal baru ini saya minta tolong dicek tingkat kesiapan daerah dalam mengendalikan virus ini,” kata Jokowi saat memberikan pengarahan dalam rapat terbatas yang disiarkan langsung di kanal YouTube Setpres, Rabu (27/5).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menginstruksikan pengujian sampel secara masih dan isolasi yang ketat di daerah. Jokowi menuturkan kegiatan-kegiatan tersebut harus dilakukan di daerah yang angka penularan Corona-nya masih naik.

“Dan memasifkan pengujian sampel, pelacakan yang agresif terhadap yang PDP maupun ODP, dan melakukan isolasi yang ketat. Ini kita lakukan pada provinsi-provinsi yang masih, kurvanya masih naik,” sebut Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta protokol tatanan normal baru tersebut disosialisasikan secara masif. Dia ingin masyarakat mematuhi protokol kesehatan yang wajib diterapkan dalam normal baru tersebut.

“Saya minta protokol beradaptasi dengan tatanan normal baru ini yang sudah disiapkan oleh Kementerian Kesehatan ini disosialisasikan secara masif kepada masyarakat, sehingga masyarakat tahu apa yang harus dikerjakan, baik mengenai jaga jarak, mengenai pakai masker, mengenai cuci tangan, mengenai dilarang berkerumun dengan jumlah banyak,” papar Jokowi.

Perintahkan Tambahan Pasukan di Daerah dengan Kurva Corona Masih Tinggi

Jokowi mengatakan telah meminta jajarannya untuk mengecek kesiapan daerah dalam mengendalikan virus Corona. Jokowi meminta jajarannya mengecek kesiapan daerah dalam mengendalikan virus Corona. Jokowi memerintahkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 melakukan penambahan pasukan jumlah aparat di daerah yang masih memiliki kurva penularan tinggi. Salah satu daerah yang menurut Jokowi harus ditambah aparatnya adalah Jawa Timur.

“Saya minta tolong dicek tingkat kesiapan daerah, dalam mengendalikan virus ini. Untuk daerah yang masih tinggi yang kurvanya masih naik saya kemarin juga sudah perintahkan pada gugus tugas, kepada panglima TNI dan Polri,” ujar Jokowi.

Jokowi menyebut dirinya telah meminta gugus tugas, Panglima TNI, dan Polri menambah pasukan. Dia menuturkan salah satu daerah yang masih memiliki kurva tinggi adalah Jawa Timur.

“Untuk di Jawa Timur, misalnya, untuk kita tambah bantuan pasukan aparat di sana agar bisa menekan kurvanya agar tidak naik lagi,” ujar Jokowi.

Selain penambahan pasukan, Jokowi meminta dilakukan pelacakan ODP dan PDP secara agresif. Hal ini, menurutnya, perlu dilakukan di setiap provinsi yang masih memiliki kurva tinggi.

“Dan memasifkan pengujian sampel pelacakan agresif terhadap ODP dan PDP dan melakukan isolasi yang ketat,” kata Jokowi.

“Ini kita lakukan pada provinsi-provinsi yang kurvanya masih naik, untuk daerah-daerah yang masih tinggi, yang masih naik, saya kemarin sudah minta, perintahkan kepada Gugus Tugas, pada Panglima TNI dan Kapolri, untuk di Jawa Timur, misalnya, untuk kita tambah bantuan pasukan, aparat di sana agar bisa menekan kurvanya agar tidak naik lagi,” pungkas Jokowi.(Red)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *