21 April 2021
  • 21 April 2021
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Jokowi: Agar Capai Herd Immunity Lakukan Vaksinasi Massal, Tepat Sasaran dan Sesuai Target

Jokowi: Agar Capai Herd Immunity Lakukan Vaksinasi Massal, Tepat Sasaran dan Sesuai Target

By on 11 February 2021 0 48 Views

Ket gbr: Presiden Jokowi Saat Peresmian Pembukaan Munas VI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia di Istana Negara, Kamis (11/2/2021). Foto: Tangkapan Layar Youtube Setpres.

ROC — Presiden Joko Widodo atau Jokowi menginginkan pemberian vaksin tidak hanya dilakukan di pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas). Vaksinasi Covid-19 juga harus diberikan secara massal kepada masyarakat untuk mencapai herd immunity.

Hal tersebut dikatakan Presiden Jokowi saat Peresmian Pembukaan Munas VI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia di Istana Negara, Kamis (11/2).

“Mungkin di Puskesmas silahkan dilakukan, tapi harus ada yang dalam bentuk massal. Kumpukan, misal di GOR, kumpulkan di Balai Kota, dan jumlah banyak. Sehingga harian ini, kita bisa melakukan suntikan vaksin dalam jumlah yang banyak sehingga tercapai herd immunity,” kata Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi menegaskan, pemberian vaksin Covid-19 harus dilakukan tepat sasaran dan sesuai target. Vaksin Covid-19, sambung Jokowi, harus menjadi prioritas bagi yang rentan dan lanjut usia.

“Dan Pemda, Pemkot, harus mempersiapkan betul vaksinator. Berapa jumlah vaksinator di kota kita dan juga manajemen vaksinasinya di lapangan,” ujarnya.

Jokowi mengatakan saat ini pemerintah terus berusaha mencari tambahan vaksin Covid-19 dari berbagai sumber. Lantaran, produsen vaksin Covid-19 tidak banyak, tetapi direbutkan oleh 215 negara yang terdampak pandemi.

“Rebutan (Vaksin Covid-19) semuanya. Sekarang ini yang baru bisa berjalan vaksinasinya kira-kira baru 42 negara, yang lain rebutan mendapatkan vaksin. Kita sudah mendapatkan komitmen 426 juta (vaksin), alhamdulilah ya karena sejak Agustus 2020 kita sudah melakukan pendekatan dengan produses-produsen vaksin. Bukan barang yang mudah, ini semua negara rebutan. Oleh karena itu, vaksin ini harus tepat sasaran dan target betul, jangan sampai meleset,” tegas Presiden.

Red

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *