7 April 2020
  • 7 April 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Joko Widodo : Sistem Belajar Di Rumah Cegah Penyebaran Covid-19

Joko Widodo : Sistem Belajar Di Rumah Cegah Penyebaran Covid-19

By on 18 March 2020 0 130 Views

Jakarta, ROC — Merebaknya Wabah Virus Corona atau Covid-19 di Indonesia saat ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta segenap masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona dan penyakit Covid-19 ini.

Hampir setiap hari, pasien terjangkit wabah penyakit ini bertambah. Pemerintah pun mengeluarkan keputusan, untuk meliburkan anak-anak sekolah, dan belajar dari rumah melalui hand phone selluler.

Tidak hanya itu, pemerintah juga memberlakukan work from home, demi menjaga meluasnya dan bertambahnya pasien suspect corona ini.

Salah satu cara mencegah peningkatan penyebaran virus tersebut, menurut Jokowi adalah melakukan gerakan social distance dengan melakukan aktivitas di rumah dan mengurangi aktivitas di luar rumah.

“Saatnya kita bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan beribadah di rumah,” ujar Jokowi dalam konferensi pers di Istana Bogor, Minggu (15/3) lalu.

Menurut Jokowi, langkah ini perlu dilakukan agar penanganan Covid-19 bisa dilakukan dengan lebih maksimal.

“Agar penyebarannya bisa kita hambat dan stop,” ujarnya.

Selain itu, Jokowi juga meminta semua orang untuk mulai bekerja sama dan saling tolong-menolong agar penanganan Covid-19 bisa dilakukan dengan baik.

“Inilah saatnya bekerja bersama-sama, saling tolong-menolong dan bersatu padu. Gotong royong, kita ingin ini jadi gerakan masyarakat agar masalah Covid-19 bisa ditangani maksimal,” imbuh Jokowi.

Dalam menangani penyebaran virus corona atau Covid-19, Jokowi memastikan bahwa pemerintah akan terus berkomunikasi dengan Badan Kesehatan Dunia atau WHO.

“Dan menggunakan protokol kesehatan WHO, serta konsultasi dengan ahli kesehatan masyarakat dalam mengatasi penyebaran Covid-19,” ucapnya.

Dijelaskan Jokowi, bahwa saat ini pemerintah telah membentuk Gugus Tugas yang dipimpin Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Doni Monardo.

Pembentukan gugus tugas dilakukan untuk mensinergikan semua unsur lembaga, baik itu pusat dan daerah, dalam menangani Covid-19.

Salah satu tantangan yang dihadapi Indonesia adalah kondisi geografinya yang tersebar sebagai negara kepulauan.

“Sebagai negara besar dan kepulauan, tingkat penyebaran Covid-19 ini derajatnya bervariasi daerah satu dengan yang lain,” ucap Jokowi.

“Saya minta seluruh Gubernur, Bupati, dan Wali Kota untuk terus memantau dan menelaah semua,” kata dia.

Sejauh ini, pemerintah menyebutkan telah ada lima orang yang meninggal dunia setelah dinyatakan positif mengidap virus corona atau Covid-19.

Selain itu, ada delapan orang yang telah dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

(idj/idj)
Foto : iredjafar/kolase/ROC

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *