15 December 2019
  • 15 December 2019
Breaking News
  • Home
  • Daerah
  • Jawa Barat
  • Jelang Tur Citarum, Mayjen (Purn) Suharno Takjub Dengan Keindahan Situ Cisanti

Jelang Tur Citarum, Mayjen (Purn) Suharno Takjub Dengan Keindahan Situ Cisanti

By on 22 February 2019 0 1399 Views

Bandung, ROC  – Menjelang pelaksanaan kegiatan tur Citarum, yang rencananya akan dimulai dari Situ Cisanti, Tarumajaya, Kertasari, Bandung, Mayjen TNI (Purn) DR. Ir. H. Suharno, MM menyambangi titik 0 kilometer atau hulu Sungai Citarum yang berada di kaki Gunung Wayang tersebut.

Mantan Jenderal Bintang Dua yang peduli akan Jawa Barat ini, dibuat takjub dengan keindahan alam yang ditawarkan Situ Cisanti yang berketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut. Ia berharap Situ Cisanti terus dikembangkan oleh pihak-pihak terkait sehingga semakin dikenal masyarakat dan menjadi salah satu destinasi wisatawan terbaik di Bandung.

“Situ Cisanti sudah dikelola dengan baik, menurut saya ini adalah kawasan percontohan pengelolaan sungai Citarum yang berhasil,” ujar Suharno, Kamis (21/2).

Lanjutnya, upaya restorasi titik 0 kilometer Citarum sudah berhasil. Ke depan PR bersama adalah membenahi sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Citarum hingga ke hilir.

“Dulu, salah satu permasalahan yang membuat Sungai Citarum kondisi air maupun ekosistem yang ada di sekitarnya adalah rusaknya kawasan hulu atau nol kilometer Citarum, tepatnya berada Situ Cisanti,” imbuh Suharno.

Beliau menambahkan, keberhasilan restorasi titik 0 kilometer Citarum tidak lepas dari kerja keras Kodam III/Siliwangi. Setidaknya ada 7 upaya yang dilakukan untuk perbaikan Situ Cisanti, mulai dari pembersihan eceng gondok hingga relokasi perumahan warga. Selain itu, Kodam Siliwangi juga melakukan program reforestasi 80.000 hektare kawasan konservasi, serta upaya-upaya lainnya. (Red)

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *