26 May 2019
  • 26 May 2019
Breaking News
  • Home
  • Nasional
  • Jelang Pilkades Serentak Kota Kediri, 17 Calon Gelar Deklarasi Damai

Jelang Pilkades Serentak Kota Kediri, 17 Calon Gelar Deklarasi Damai

By on 2 November 2018 0 110 Views

Kediri, ROC – Menjelang pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak, 17 calon kepala desa adakan gelar aksi “Deklarasi Damai ” di Rupatama Mapolresta Kediri (01/11).

Dalam deklarasi tersebut, calon kepala desa membacakan empat pernyataan sikap terkait pilkades, diantaranya calon kepala desa sepakat dan siap untuk terpilih maupun tidak terpilih dalam pilkades. Akan senantiasa mematuhi dan melaksanakan peraturan perundangan yang berlaku dengan mengedepankan etika dan moralitas selama pelaksanaan pilihan kepala desa.

Tujuh belas calon kepala desa menandatangani deklarasi damai dan surat pernyataan Bersama, disaksikan oleh Bupati Kediri,Kapolresta Kediri,Camat dan Dandim 0809 Kediri. Sekitar ada 7 desa diwilayah barat sungai Kali Brantas yang menggelar pilihan kepala desa pada 7 November 2018 mendatang.

Ke tujuh desa itu antara lain Desa Sukoanyar Kecamatan Mojo diikuti dua calon kepala desa, Desa Kanyoran Kecamatan Semen diikuti dua calon juga, Desa Parang Kecamatan Banyakan diikuti dua calon.

Desa Banyakan kecamatan banyakan diikuti tiga calon, Desa Datengan Kecamatan Grogol diikuti oleh dua calon kepala desa, Desa Cerme Kecamatan Grogol dua calon, dan Desa Kedungsari Kecamatan Tarikan diikuti empat calon. Dari 17 calon Kepala Desa ada empat calon perempuan serta tiga belas calon pria. Ada dua desa yang menggelar pilkades diikuti pasangan suami istri  yaitu desa cerme dan desa parang.

Semua calon kepala desa berjanji tidak akan melakukan black campaign, money politic, menyebarkan isu SARA serta berita Hoax. Dan bersedia menciptakan situasi kamtibmas yang aman, nyaman, serta sejuk dan damai selama pelaksanaan pilihan kepala desa.

Sementara, Kapolresta Kediri AKBP Anthon Haryadi dalam sambutannya menyebutkan kesiapan personilnya dalam pengamanan pilkades, dan melibatkan sekitar 674 personil gabungan baik dari Polisi,TNI serta Linmas.

“Untuk antisipasi dalam pelaksanaan pilkades pihak kepolisian meningkatkan patroli guna meminimalisir agar tidak adanya politik uang,” jelasnya. (HP)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *