29 March 2020
  • 29 March 2020
Breaking News
  • Home
  • Nasional
  • Istana Presiden di Papua Akan Dibangun 2020 di Skouw

Istana Presiden di Papua Akan Dibangun 2020 di Skouw

By on 28 October 2019 0 96 Views

Jayapura, ROC – Pemerintah akan membangun Istana Presiden di Papua yang berlokasi di Skouw, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura. Skouw merupakan wilayah perbatasan RI dengan Papua Nugini.

Ondo api Skouw (Kepala Suku Skouw), Abisai Rollo, mengatakan pihaknya telah menyediakan tanah seluas 5 hektare untuk lokasi pembangunan Istana Presiden di Tanah Papua itu. Pembangunan ini direncanakan berlangsung pada tahun 2020.

“Sesuai dengan hasil pembicaraan kami bahwa presiden setuju akan dibangun tahun 2020,” tutur Abisai seusai peresmian Jembatan Youtefa, di Jayapura, Papua, Senin (28/10/2019).

Abisai menjelaskan, Istana itu berada di perbukitan 320 meter di atas permukaan laut dengan menghadap laut. Lokasi istana sekitar 35 km dari tapal batas RI-PNG dan 1 km dari jembatan Youtefa yang baru diresmikan Presiden.

Dia menambahkan, Istana Presiden si Papua itu akan dibagi dalam 4 zona, yakni zona 1 Istana, zona 2 museum, zona 3 taman, dan zona 4 untuk zona publik, yaitu sebagai tempat rekreasi.

“Saya ingat apa yang dikatakan presiden Soekarno ‘ jangan tanya apa yang sudah diberikan negara kepadamu, tetapi tanyakanlah apa yang sudah kamu berikan kepada negara’ itu yang saya ingat, jadi saya memberikan tanah milikku kepada negara,” ujarnya.

Selain 4 zona itu, di depan istana akan dibangun sebuah tugu Monas kecil yang diharapkan apabila presiden sedang berada dalam istana itu merasa seperti berada di Istana presiden di Jakarta.

“Kami berharap agar pemerintah segera membangun Istana itu agar menjadi kebanggaan bagi masyarakat Papua,” ungkapnya.

Istana Presiden di Papua akan Dibangun 2020 di Skow

 

(Red/Detik)

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *