10 July 2020
  • 10 July 2020
Breaking News
  • Home
  • Nasional
  • Ini Peta Wilayah Rawan Banjir di Denpasar Bali

Ini Peta Wilayah Rawan Banjir di Denpasar Bali

By on 6 January 2020 0 117 Views

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar sudah memetakan lokasi rawan banjir di ibu kota Provinsi Bali. Ini dilakukan sebagai langkah antisipasi sekaligus agar mendapat perhatian lebih selama musim penghujan.

Kepala BPBD Kota Denpasar, Ida Bagus Joni Ari Wibawa menerangkan, untuk wilayah yang dianggap rawan banjir antara lain Kelurahan Pemecutan Kelod, Kelurahan Padang Sambian Kelod, perumahan Padang Indah dan Jalan Gunung Payung. Kemudian Jalan Pura Demak, sekitaran SD 11 Padang Sambian, dan Jalan Kebo Iwa tengah serta di sekitar Sanur ada di Jalan Bumi Ayu.

Dia menuturkan, Dinas PU (Pekerjaan Umum) sudah mengupayakan pemasangan pompa ketika terjadi genangan. “Kami siap membantu pemasangan pompa di sana untuk menyedot dari genangan,” kata Joni, di Kantor BPBD Kota Denpasar, Senin (6/1).

“Sedangkan yang lainnya termasuk kategori sedang dan rendah. Jadi yang menjadi atensi kami itu yang cukup sering terjadi genangan tetapi selama ini kami bersama Perbekal, Camat, PU maupun DLHK sudah mengupayakan untuk mengantisipasinya melalui pembersihan dan sebagainya,” sambungnya.

Pohon Tumbang

Dia juga menyampaikan, untuk potensi bencana lain saat cuaca ekstrem di Denpasar adalah pohon tumbang. Rata-rata, di setiap sudut Kota Denpasar ada pohon perindang yang berpotensi tumbang.

“Ketika ada pohon cukup rindang itu berpotensi tumbang karena berat dan juga akarnya maupun usia dari pohon tersebut. Karena itu kami sudah berkoordinasi dengan DLHK dan sudah melakukan penyisiran pohon yang rindang tersebut,” ungkapnya.

Dia mengatakan, untuk penanggulangan bencana di Kota Denpasar, BPBD yang beranggotakan 290 personel yang siap siaga dan nantinya dibagi menjadi tiga shift dan bertugas selama 24 jam dalam sehari.

“Setiap hari ada sekitar 50 orang siap siaga untuk menjaga kota Denpasar untuk penanggulangan bencana,” tegasnya. (Red/Merdeka)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *