22 October 2020
  • 22 October 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Ini Pesan Anies Baswedan per 1 Juli 2020 untuk Warga DKI

Ini Pesan Anies Baswedan per 1 Juli 2020 untuk Warga DKI

By on 18 June 2020 0 188 Views

Jakarta, ROC — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengingatkan dan memberikan pesan pada warga DKI Jakarta agar membawa tas belanja sendiri.

Hal ini diunggah oleh Anies Baswedan di akun Instagramnya @aniesbaswedan pada Rabu, 17 Juni 2020.

“Sobat Ijo pasti sering melihat poster ini di pusat-pusat perbelanjaan, toko swalayan dan pasar rakyat di Jakarta. BAWA TAS BELANJA  SENDIRI! KAMI TIDAK LAGI MENYEDIAKAN KANTONG PLASTIK . EFEKTIF 1 JULI 2020 ,” tulis Anies Baswedan.

Kantong plastik tak akan lagi disediakan di toko swalayan dan pasar mulai efektif pada 1 Juli 2020. Peraturan ini sesuai dengan Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta No. 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan dan Pasar Rakyat.

Larangan penggunaan kantong plastik ini diterapkan demi menghindari penngkatan sampah plastik dan membuat Jakarta ramah lingkungan.

Patuhi Aturan Kerja Shifting

Sementara itu, terkait jadwal atau jam kerja di kantor atau di suatu perusahaan, Anies Baswedan meminta seluruh perusahaan maupun instansi di wilayah ibu kota mematuhi aturan soal pembagian jam kerja atau shifting.

Untuk mengurangi penyebaran Covid-19, Anies meminta karyawan dibuatkan jarak atau selisih shift tiga jam.

Anies mengaku telah membuat kebijakan, pembagian jam kerja yang berlaku bagi aparatur sipil Negara (ASN) dan pekerja swasta.

“Sudah diatur sejak awal dan dinas tenaga kerja sudah membuat peraturannya bahwa setiap kantor memiliki minimal 2 shift. Yang kedua jarak antar shift minimal 2 jam itu bagian dari ketentuan. Nah sekarang jarak antar shiftnya ditambah, yang semula hanya 2 jam sekarang diubah menjadi 3 jam,” katanya.

Dalam aturan itu, Pemprov DKI Jakarta telah mengatur pembagian pola shifting kerja menjadi dua kali.

Anies mencontohkan jika shift kerja pertama masuk pada pukul 07.00 WIB dan jadwal shift kedua masuk pada pukul 10.00 WIB.(Red)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *