21 April 2021
  • 21 April 2021
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Ini Penjelasan PSSI soal Pemain Naturalisasi yang Tak ada di Timnas U-22 Indonesia

Ini Penjelasan PSSI soal Pemain Naturalisasi yang Tak ada di Timnas U-22 Indonesia

By on 12 February 2021 0 82 Views

ROC – Dari 35 pemain timnas U-22 Indonesia yang menjalani pemusatan latihan (TC) di Jakarta, tak ada satu nama pun pemain naturalisasi yang dipanggil.

Ini menjadi pemandangan baru di timnas U-22 Indonesia daripada saat pemusatan-pemusatan sebelumnya.

Pada kesempatan kali ini, pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong tak memanggil pemain naturalisasi sama sekali untuk skuad timnas U-22 Indonesia.

Pelatih asal Korea Selatan itu sepenuhnya memanggil para pemain asli Indonesia dari timnas U-19 hingga pemain senior.

Beberapa nama pemain senior seperti Adam Alis dan Kushedya H Yudo juga ambil bagian dalam TC tersebut.

Padahal beberapa pemain senior tersebut bisa dibilang tak lagi muda dan usianya juga berada di atas 25 tahun.

Tentu saja ini terasa baru untuk timnas Indonesia.

Padahal kalau dilihat dari pelatih-pelatih sebelum Shin Tae-yong kebanyakan selalu memanfaatkan pemain naturalisasi yang ada.

Bahkan awal-awal membentuk timnas senior untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022 juga Shin Tae-yong tak melewatkan beberapa nama pemain naturalisasi seperti Ilija Spasojevic dan yang lainnya.

Namun, pada persiapan menuju SEA Games 2021 ini benar-benar baru dan tak ada satu nama pemain naturalisasi pun yang dipanggilnya.

Sementara itu, Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, saat dikonfirmasi terkait hal tersebut tak mau berbicara banyak, dia mengatakan PSSI sepenuhnya memberikan wewenang kepada Shin Tae-yong dalam memilih pemain.

“Iya memang pemain senior juga. Tapi kalau terkait pemanggilan dan pemulangan pemain itu tanggung jawab dan kewenangan pelatih,” ujar Indra Sjafri dalam keterangannya, Kamis (11/2).

“Jadi iya mau ada atau tidak adanya pemain naturalisasi itu sepenuhnya kami serahkan kepada pelatih,” tuturnya.

Oleh karena itu, menurut mantan pelatih timnas U-23 Indonesia itu apabila ingin tau apa alasan mendasar kenapa tak ada pemain naturalisasi sama sekali, ia menyarankan agar bertanya langsung kepada Shin Tae-yong.

Sehingga PSSI hanya bisa memfasilitasi dan memberikan kenyamanan untuk apa yang diperlukan dan diminta oleh tim pelatih.

Hal ini juga yang sudah ditekankan oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan bahwa semua keputusan terkait timnas Indonesia berada ditangan Shin Tae-yong.

Sementara itu, skuad timnas U-22 Indonesia sendiri dipersiapkan untuk menghadapi SEA Games 2021 yang rencananya bergulir November mendatang, di Hanoi, Vietnam.

Para pemain dipersiapkan sejak dini lantara kompetisi di Indonesia mandek dan juga timnas U-22 ditargetkan untuk bisa meraih medali emas.

Red

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *