6 July 2020
  • 6 July 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Ini Cara Railink Cegah Penyebaran Covid-19 di KA Bandara

Ini Cara Railink Cegah Penyebaran Covid-19 di KA Bandara

By on 6 March 2020 0 107 Views

Jakarta, ROC — Menyusul ditemukannya 2 WNI warga Depok Jawa Barat yang terdeteksi positif terjangkit Virus Corona (Covid-19), pada Senin (2/3) lalu, spontan menggemparkan masyarakat Indonesia. Berita telah masuk dan merebaknya Corona Virus di Indonesia ini sangat meresahkan dan mengkhawatirkan masyarakat. Akibatnya, orang-orangpun berbondong-bondong membeli masker, untuk dipakai, yang diyakini sebagai upaya awal pencegahan penyebaran Virus Corona.

Berbagai upaya untuk mencegah penyebaran virus corona dilakukan oleh berbagai pihak, termasuk di Kereta Api Bandara.

Dari pantauan tim redaksi republikonline.com, Jumat (6/3), Pihak PT Railink sosialisasikan dan siapkan hand sanitizer di seluruh stasiun KA Bandara, guna mengantisipasi penyebaran virus corona (covid-19) kepada masyarakat. Terutama di lingkungan Stasiun dan Kereta Api Bandara, yang merupakan gerbang transportasi masyarakat domestik dan internasional.

Sebelumnya, dalam keterangan tertulis, Selasa lalu, Humas PT Railink, Diah Suryandari juga  menyampaikan, penempatan hand sanitizer telah dilaksanakan di tujuh Stasiun KA Bandara (Medan dan Jakarta).

“Sosialisasi pencegahan penyebaran virus covid-19 telah dilakukan di awal februari 2020, dengan membagikan masker di Stasiun KA Bandara baik di Medan maupun di Jakarta,” kata Diah Suryandari.

Perusahaan ini juga secara berkelanjutan mensosialisasikan melalui akun sosial media KA Bandara dan media informasi stasiun.

“Selain tindakan pencegahan di stasiun, PT Railink juga memastikan kebersihan kereta dengan melakukan pencucian dan pembersihan interior KA Bandara dengan desinfektan,” tambahnya.

Upaya lain yang dilakukan, tambahnya, adalah mengajak masyarakat untuk mencegah penyebaran Virus Corona di KA Bandara dengan memberikan edukasi cara antisipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19) pada masyarakat yang akan menggunakan moda transportasi Kereta Api Bandara.

Berikut ini adalah cara antisipasi virus tersebut, yang harus dilakukan penumpang KA Bandara, yaitu:

a. Menjaga kebersihan tangan secara rutin, terutama sebelum memegang mulut, hidung, dan mata setelah memegang instalasi publik;

b. Mencuci tangan dengan air dan sabun cair serta bilas setidaknya 20 detik, cuci dengan air dan keringkan dengan handuk atau kertas sekali pakai dan jika tidak ada fasilitas cuci tangan dapat menggunakan hand sanitizer alkohol 70-80%;

c. Menutup mulut dan hidung dengan tissue ketika bersin atau batuk;

d. Ketika memiliki gejala infeksi saluran nafas diantaranya seperti batuk, bersin, demam, sesak nafas agar menggunakan masker dan berobat ke fasilitas pelayanan kesehatan;

e. Tidak mengusap mata, hidung, dan mulut sebelum mencuci tangan;

f. Melakukan pengobatan dan istirahat apabila sakit;

g. Menjaga kesehatan dengan berolahraga, mengkonsumsi buah, sayur, dan makanan bergizi cukup.

“Penumpang diharap tidak perlu khawatir berlebihan dan tetap tenang untuk menggunakan KA Bandara selama menjalankan petunjuk yang telah disebutkan,” ungkap Diah Suryandari.

Dikatakan pula, untuk mengantisipasi penyebaran Novel corona Virus (2019-nCoV), maka dihimbau kepada seluruh masyarakat bila menemukan penumpang dan/atau pegawai yang terindikasi terpapar virus, agar dapat segera menghubungi nomor telp hotline Corona Virus di 021-5210 410 atau 0812-1212 311.

(idj/idj)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *