20 July 2019
  • 20 July 2019
Breaking News
  • Home
  • Nasional
  • Ini 4 Etape Tur Citarum yang Digagas Mayjen TNI (Purn) Dr. Ir. H. Suharno, MM

Ini 4 Etape Tur Citarum yang Digagas Mayjen TNI (Purn) Dr. Ir. H. Suharno, MM

By on 19 February 2019 0 1233 Views

Republik-online.com – Guna semakin memantapkan rencana gelaran Tur Citarum, Mayjen (Purn) Dr. Ir. H. Suharno, MM melakukan peninjauan awal ke hulu Sungai Citarum, Jawa Barat, Minggu (17/2). Peninjauan tersebut dilakukan untuk melihat langsung segala persiapan yang dibutuhkan untuk mensukseskan gelaran di sungai Terpanjang se-Jawa Barat tersebut.

Pada kesempatan itu, Suharno bersama Yayasan Adjeng Suharno yang dibinanya mengadakan bakti sosial berupa pengobatan gratis, santunan yatim piatu, serta pertunjukan seni kasidahan. Selain itu, mantan Kababek TNI ini juga menyempatkan memberikan ceramah motivasi kepada warga dan anak-anak sekolah untuk mencintai lingkungan hidup.

“Saya mengajak anak-anak sekolah dan warga untuk merawat dan menjaga lingkungan. Daerah aliran sungai Citarum ini sangat penting untuk menopang kehidupan masyarakat Jawa Barat, di antaranya yakni sebagai sumber air bersih dan sumber air irigasi untuk pertanian di Jawa Barat. Kalau bukan kita yang menjaga, lalu siapa lagi?” ujar Suharno di Desa Nagrak, Kecamatan Pacet, Jawa Barat.

Tur Citarum yang digagas jenderal purnawirawan bintang dua ini rencananya bakal melalui 4 etape. Etape pertama yakni melakukan perjalanan dari hulu Citarum sekitaran wilayah Pacet-Ciparay, Cikawao, Majalaya, dan Balaiendah sampai ke Waduk Saguling. Sementara etape kedua menyisir Daerah Aliran Sungai (DAS) dari Waduk Saguling ke Waduk Cirata. Etape ketiga yakni menyisir DAS dari Waduk Cirata ke Jatiluhur, dilanjutkan dengan etape terakhir dari Jatiluhur ke hilir Citarum di Muara Gembong, yang diyakini sebagai letak situs kerajaan Tarumanegara.

Tur Citarum dilakukan bukan hanya untuk melihat persoalan Citarum dari dekat, namun Suharno ingin mendekatkan warga dan ‘mengawini’ Citarum dengan manusia. Suharno tidak main-main soal ide ini, iya yakin betul untuk mengentaskan persoalan Citarum perlu dilakukan upaya yang komprehensif dari seluruh pihak, dan yang terpenting adalah kepedulian masyarakat soal Citarum.

Untuk diketahui, Suharno selain merupakan jenderal purnawirawan TNI bintang 2, ia juga merupakan ahli pangan, ia menamatkan studi doktoralnya di Universitas Negeri Jakarta. Ia juga mantan aktivis mahasiswa kala menempuh pendidikan S1-nya di Institut Pertanian Bogor (IPB) jurusan Teknologi Pangan. Pasca purna tugas sebagai prajurit TNI, Suharno kerap memberikan masukan dan komentar soal kebijakan pangan di Indonesia dan banyak memberikan motivasi kepada para mahasiswa dan siswa di yayasan Adjeng Suharno yang ia kelola.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *