20 October 2020
  • 20 October 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Indra Sjafri : Sangat Realistis Indonesia Masuk 10 Besar Asia

Indra Sjafri : Sangat Realistis Indonesia Masuk 10 Besar Asia

By on 26 July 2020 0 113 Views

ROC — Target masuk jajaran 10 besar Asia yang dicita-citakan oleh PSSI, menurut Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri, merupakan target yang sangat realistis.

Menurut dia, Indonesia memiliki modal yang cukup bagus dalam hal pembinaan pemain usia muda.

Rekam jejak timnas kelompok usia muda yang mampu berprestasi di kancah ASEAN maupun Asia menjadi modal yang berharga untuk mewujudkan target tersebut.

Indra Sjafri juga menyebut saat ini Indonesia tidak kekurangan pemain yang berkualitas.

Dia juga menilai terbuka peluang bagi pelatih untuk menemukan bibit-bibit unggul calon pemain timnas Indonesia pada masa depan, dengan syarat diiringi pembinaan pemain muda yang bagus.

“Kalau melihat kondisi sumber daya manusia kita, saya rasa sangat realistis dan saya sudah coba itu,” kata pelatih kelahiran 2 Februari 1963 itu.

“Kita mampu memberi perlawanan yang sengit saat menghadapi raksasa Asia, seperti Jepang dan kita juga pernah menang dari Korea Selatan,” ujarnya.

“Tinggal dari sisi kepelatihan bagaimana kualitas pelatih-pelatih kita perbaiki, kemudian kualitas kompetisi juga harus kita perbaiki,” katanya.

Mantan pelatih Bali United itu meyakini, jika pembinaan dan pengelolaan sepak bola Indonesia ditangani dengan baik, tidak menutup kemungkinan dalam 12 tahun ke depan Indonesia dapat masuk ke jajaran lima besar negara Asia.

Terlebih lagi, Ketua Umum PSSI Mochammad Iriawan memasang target dalam lima tahun ke depan Indonesia harus masuk ke peringkat 150 FIFA.

Saat ini, Indonesia berada di urutan ke-173 FIFA di bawah Vietnam, Thailand, Malaysia, dan Filipina.

“Kalau kita lihat pemain usia muda punya potensi yang luar biasa. Kualitas individu lebih baik jika kita bandingkan dengan pemain yang dulu-dulu karena tantangan bermainnya lebih sulit sekarang,” katanya.

“Cara bermain mereka berbeda, saya berusaha dalam empat tahun ke depan dan dengan waktu yang cukup merekrut orang-orang yang memiliki kapasitas. Saya akan berusaha mencapai target tersebut,” pungkasnya. (Red)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *