23 April 2021
  • 23 April 2021
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • IDI Menghimbau Tetap Pakai Masker Jika Ada Saudara Bertamu

IDI Menghimbau Tetap Pakai Masker Jika Ada Saudara Bertamu

By on 4 March 2021 0 55 Views

ROC – Masyarakat Indonesia harus mengubah budaya agar dapat mengatasi pandemi Covid-19 ini. Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Slamet Budiarto.

Slamet mengatakan bahwa penularan yang terjadi di klaster keluarga dan lingkungan terdekat merupakan akibat dari budaya masyarakat yang sering merasa tidak enakan dengan anggota keluarga atau teman dekat.

Oleh karena itu, ia mengingatkan agar masyarakat tetap menggunakan masker jika bertemu keluarga yang tidak satu rumah.

“Lepas masker hanya kalau dengan anggota keluarga yang tinggal satu rumah. Kalau ada saudara bertamu, tetap dipakai maskernya. Supaya tidak menimbulkan klaster keluarga,” sebut Slamet dikutip hari ini, Kamis (4/3).

Slamet menilai, protokol kesehatan 5M harus dipandang masyarakat sebagai pola kehidupan baru yang mengubah budaya masyarakat.

“Kita masih belum tahu kapan pandemi ini berakhir, jadi masyarakat ya di lingkungan sekitar jangan berkerumun, jaga jarak minimal 2 meter. Kalau kita bisa terapkan ini benar-benar dalam kehidupan sehari-hari, kita bisa tekan penularan Covid-19,” ujar dia.

Indonesia memasuki satu tahun pandemi Covid-19 pada 2 Maret 2021 kemarin. Bersamaan dengan itu, ditemukan varian baru virus corona B.1.1.7 di Tanah Air.

Red

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *