6 July 2020
  • 6 July 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Hujan Lebat Sabtu Malam, Sejumlah Kawasan di Jakarta Terendam Banjir

Hujan Lebat Sabtu Malam, Sejumlah Kawasan di Jakarta Terendam Banjir

By on 23 February 2020 0 204 Views

ROC — Hujan deras yang mengguyur sepanjang Sabtu malam (22/2) hingga Minggu (23/2) dini hari mengakibatkan sejumlah wilayah di Jakarta kembali terendam banjir. Banjir dilaporkan menerjang rumah-rumah warga dan juga beberapa ruas jalan utama di beberapa wilayah di Jakarta. Jakarta Selatan menjadi wilayah yang kondisi banjirnya paling tinggi mencapai 120 centimeter.

Berdasarkan pantauan dari berbagai sumber, berikut beberapa kawasan di Jakarta yang terdampak banjir, yang berhasil dihimpun tim redaksi republikonline.com.

Jakarta Timur, banjir merendam ratusan rumah warga di wilayah ini, air masuk ke rumah-rumah di wilayah Jatinegara, Pramuka, Utan Kayu, Kayu Putih, Ujung Menteng, Cipinang, Kampung Melayu dan Perumahan Pulomas, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulo Gadung. Sebagian warga memilih untuk mengungsi, karena persediaan bahan makanan sudah mulai berkurang dan aliran listrik di perumahan kawasan tersebut padam.

Jakarta Selatan, banjir juga merendam pemukiman warga di kawasan Tebet Timur dan Palbatu 3 Jakarta Selatan. Air bahkan sudah masuk ke rumah-rumah warga.

Jakarta Barat, beberapa RW, yaitu RW 001, 002, 008 di Kedaung Kaliangke ikut terendam banjir, wilayah lainnya adalah Tegal Alur, RW 002 dan 003, serta RW 008 Jatipulo.

Jakarta Pusat, wilayah terdampak banjir khususnya Jalan Anyar Menteng, 80-120 cm (masuk ke dalam rumah warga), Jalan Surabaya, Jalan Cilacap, dan Jalan Bandung dengan ketinggian 40-50 cm merendam ruas jalan, sehingga kendaraan sejenis sedan dihimbau agar tidak melintas. Kawasan lainnya yakni Paseban Barat, Senen, dan Paseban Barat setinggi sekitar 30 cm.

“Di luar banjir sudah 30 cm. Air masuk ke rumah juga, masuk dari toilet, sudah semata kaki, got banyak tersumbat, sementara (permukaan) air sudah tinggi banget. Kita siaga satu ini,” kata Ria, warga Paseban Barat.

Selain itu, ruas Jalan WR Suprapto di kawasan Cempaka Putih, tepatnya di depan ITC Cempaka Mas juga terendam banjir. Akibatnya kendaraan kecil tidak dapat melewati ruas jalan utama tersebut.

Keseluruhan, berdasarkan data BPBD DKI, pada Minggu (23/2), sebanyak 14 RW di Jakarta Pusat terendam banjir, Jakarta Utara 1 RW, Jakarta Barat 6 RW, Jakarta Selatan 6 RW. Jakarta Timur menjadi wilayah yang RW-nya paling banyak kebanjiran, yakni 28 RW.

Untuk data ketinggian banjir juga bervariasi. Di Jakarta Pusat ketinggian banjir berkisar antara 20-90 centimeter (cm), Jakarta Utara 5-10 cm, Jakarta Barat 5-30, Jakarta Selatan 20-120 cm, dan Jakarta Timur 5-100 cm.

Petugas Pekerja Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) dan Dinas Sumber Daya Air (DSDA) telah melakukan penanganan. BPBD DKI menyebut wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Timur membutuhkan penanganan khusus.

Untuk wilayah Jakarta Utara membutuhkan logistik ringan. Wilayah Jakarta Timur membutuhkan perahu karet dan ambulans untuk evakuasi.

(idj/idj) / Foto : antara

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *