21 April 2021
  • 21 April 2021
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Hadiri HUT UNS ke-45, Jokowi: Lakukan Perubahan Besar Dalam Pendidikan Tinggi

Hadiri HUT UNS ke-45, Jokowi: Lakukan Perubahan Besar Dalam Pendidikan Tinggi

By on 12 March 2021 0 75 Views

ROC – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong perubahan dalam pendidikan tinggi. Hal itu diungkapkan Jokowi saat menghadiri Dies Natalis ke-45 Universitas Sebelas Maret (UNS). Jokowi menegaskan bahwa saat ini telah terdapat perubahan di sektor industri.

Salah satu faktor pendorong dalam percepatan perubahan tersebut adalah kondisi pandemi virus corona (Covid-19). Covid-19 disebut memaksa institusi yang ada mendobrak cara lama.

“Di hari ulang tahun yang ke-45 ini saya yakin UNS sedang mengukuhkan komitmen untuk melakukan perubahan besar,” ujar Jokowi dalam sambutannya, Jumat (12/3).

Jokowi mencontohkan salah satu perubahan terlihat dalam pasar tenaga kerja. Dimana banyak jenis pekerjaan yang sudah mulai menghilang pada saat ini.

Tidak hanya tenaga kerja, teknologi juga telah membuat ilmu pengetahuan dan teknologi lama menjadi usang. Jokowi menambahkan bahwa teori manajemen, organisasi dan model bisnis juga banyak berubah.

“Tentu saja hal ini membutuhkan perubahan program studi, dibutuhkan perubahan kurikulum dan dibutuhkan perubahan karakter dosen,” terang Jokowi.

Agenda riset pun dinilai Jokowi juga akan menghadapi perubahan seiring dengan perkembangan yang ada. Oleh karena itu UNS disebut sedang ditantang dalam usianya yang ke-45 tahun.

“Selamat berkreasi dan berinovasi dalam menghasilkan Iptek dan mencetak talenta-talenta untuk menjawab tantangan kemanusiaan dan kemajuan bangsa,” pungkas Jokowi.

Red

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *