18 August 2019
  • 18 August 2019
Breaking News

Gubernur Jatim Ajak Anak Yatim Buka Puasa Bersama Di Masjid Baitul Hamdi

By on 9 May 2019 0 76 Views

SURABAYA, ROC – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama Aparatur Sipil Negara Pemprov Jatim menggelar buka puasa bersama dengan anak yatim pada hari kedua Puasa Ramadhan.

Dalam hal ini Gubernur Jatim yang didampingi oleh Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak dan Sekdaprov Heru Tjahjono memberikan santunan kepada seratus anak yatim di Kantor Gubernur Jatim jalan Pahlawan Surabaya, Selasa 7 Mei 2019.

“Alhamdulilah, acara ini bisa saling mengakrabkan antar Aparatur Sipil Negara, dan yang pertama kali diadakan dipemprov,” tutur Khofifah.

Acara yang diawali dengan memberikan santunan kepada seratus anak yatim dari sepuluh yayasan panti asuhan. Sambutan Ketua Panitia Kabag Kesos Moh. Isa, yang dilanjutkan dengan kuliah tujuh menit (kultum) oleh Prof. Dr. Ali Aziz di Masjid Baitul Hamdi yang berada di Kompleks Gubernur Jatim.

Guru Besar UIN Sunan Ampel Surabaya dalam ceramahnya mengatakan bahwa puasa bisa dibagi dua, yaitu puasa minimalis dan puasa maksimalis.

“Puasa minimalis adalah tidak makan dan minum serta tidak tidur sama istri,” ujar Prof. Dr. Ali Aziz.

Sedangkan puasa maksimalis adalah selain tidak makan dan minum, serta kumpul dengan istri dan juga bisa menjaga mulut, pendengaran, serta mata agar tidak digunakan untuk hal-hal yang tidak baik.

“Kalau bisa selama bulan suci ini kita berahklak seperti Allah yang suka memberi dan menolong orang yang membutuhkannya serta setiap saat berfikir untuk manfaat bagi orang lain,” imbuhnya.

Setelah usai sholat Maghrib berjamaah, Gubernur Jatim langsung menuju ke gedung Bhinaloka bersama Sekdaprov jatim serta OPD dilingkungan Pemprov Jatim. Sementara para ASN dan masyarakat sekitarnya buka puasa bersama dengan menu kolak pisang dan kurma Ajwa. Dan juga ada menu soto serta nasi goreng yang telah disediakan oleh Pemprov Jatim.

Sejumlah ASN mengaku senang karena baru pertama kali ini bisa buka bersama dengan seluruh pegawai dan Gubernur Jatim.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat, khususnya untuk saling mengakrabkan antar sesama ASN dan Pimpinan. Apalagi dibulan uang baik ini, bisa menambahkan ketaqwaan serta pahala,” ujar Gatot Sulistyohadi, selaku Kepala Dinas PU Bina Marga Jawa Timur. (HP)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *