24 February 2020
  • 24 February 2020
Breaking News
  • Home
  • Nasional
  • Gelar Mukernas ke-3, Syarikat Islam Fokus Pada Khitah Awal Perjuangan dan Perekonomian

Gelar Mukernas ke-3, Syarikat Islam Fokus Pada Khitah Awal Perjuangan dan Perekonomian

By on 15 November 2019 0 2457 Views

Jakarta, ROC – Pimpinan Pusat Syarikat Islam mengadakan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) III di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat. Mukernas yang mengangkat tema “Pemantapan Implementasi Program Dakwah Ekonomi Syarikat Islam” dibuka secara langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Selain kegiatan Mukernas, Syarikat Islam juga meluncurkan Koperasi Nasional Syarikat Islam Global Mitrasari serta Peluncuran Politeknik Gerakan Tani Syarikat Islam (Gertasi).

Ketua Umum Syarikat Islam, Hamdan Zoelva menegaskan, Syarikat Islam saat ini tidak ikut dalam politik praktis. Syarikat Islam juga menjaga jarak dengan partai politik manapun dan berfokus pada pemberdayaan ekonomi keumatan, pembangunan pendidikan, serta konsolidasi organisasi.

Menurut Hamdan Zoelva, SI sudah terlalu lama bergerak di konstelasi politik, terlebih para anggotanya secara masif hijrah pada politik dari pada ekonomi yang seharusnya menjadi pandangan awal. Bahkan menurut dia, hal tersebut terjadi sejak didirikannya partai Islam pertama yang diinisiasi SI.

“Namun saat kongres kemarin di Bandung, kita memutuskan untuk selesai di politik. Dan kembali fokus pada dakwah, khususnya dakwah sosial ekonomi, Saya sebagai ketua umum berfokus pada 3 hal yakni melakukan konsolidasi organisasi, membangun jejaring keekonomian umat, serta membuat kurikulum sekolah-sekolah di bawah naungan Syarikat Islam” ujarnya.

Hamdan mengatakan bahwa saat ini pihaknya akan menyebarkan kembali pemikiran Tjokroaminoto.  Hal tersebut dilakukan karena pihaknya akan menata kembali sekolah-sekolah di Indonesia, khususnya sekolah SI, dari tingkat SD hingga perguruan tinggi.

“Mulai sekolah kebangsaan sesuai inisiasi dari pencerahan inisiator SI, akan dikembangkan pada anak-anak muda,” ujarnya.

Dia menambahkan, pada 2020 hal tersebut akan mulai digencarkan SI. Bahkan hal tersebut akan memiliki gaung yang besar ke depannya.

“Kita sudah memutuskan sejak awal saya menjabat, pada kongres pertama SI saya, SI akan kembali ke dasar pemikirannya,” tuturnya.

Dia menegaskan, pada Mukernas SI kali ini, agenda utama adalah untuk mengevaluasi kinerja agar diperdalam. Terlepas dari rencana untuk kembali menyebarkan benih dan gerakan dakwah ekonomi Islam yang akan digaungkan.

“Dakwah ekonomi bertujuan untuk mengembangkan ekonomi umat, yang di dalamnya ada dakwah, dan kita juga akan melakukan dakwah pengembangan jalur ekonomi,” tuturnya.

Pada Mukernas kali ini juga diberikan ceramah pembekalan dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup mengenai Strategi Kementerian Kehutanan & Lingkungan Hidup dalam meningkatkan ekonomi Rakyat, dilanjut dengan ceramah dari Kementerian Pertanian mengenai Mengokohkan Mental Bangsa sebagai Masyarakat Agraris dalam Menghadapi Persaingan Global dalam Era Industri 4.0.

Setelah itu dilanjutkan dengan agenda internal, Sidang Mukernas dengan fokus pembahasan mengenai pemaparan dan pembahasan program aksi yang memberi penguatan dan percepatan dibidang ekonomi dan usaha-usaha sebagai ikhtiar untuk mewujudkan kemandirian ekonomi kaum Syarikat Islam dalam rangka mendorong dan membangun kerakyatan yang berkesejahteraan. (Red)

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *