16 January 2021
  • 16 January 2021
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Gabi Ashkenazi : Israel Telah Jalin Hubungan Diplomatik dengan Kerajaan Himalaya Bhutan

Gabi Ashkenazi : Israel Telah Jalin Hubungan Diplomatik dengan Kerajaan Himalaya Bhutan

By on 13 December 2020 0 53 Views

Ilustrasi bendera Israel /Foto: Pixabay/edu_castro27/

ROC — Israel mengakui bahwa negaranya telah menjalin hubungan diplomatik dengan kerajaan Himalaya Bhutan.

Informasi hubungan diplomatik tersebut diumumkan oleh kementerian luar negeri negara Yahudi pada hari Sabtu (12/12) kemarin.

“Lingkaran pengakuan Israel semakin lebar,” kata Menteri Luar Negeri Israel Gabi Ashkenazi dalam sebuah pernyataannya.

“Pembentukan hubungan dengan Kerajaan Bhutan akan menjadi tahap baru dalam memperdalam hubungan Israel di Asia,” lanjutnya, seperti dikutip dari SCMP.

Pengumuman itu muncul beberapa hari setelah Maroko setuju untuk menormalisasi hubungan dengan Israel, negara Arab keempat yang melakukannya sejak Agustus.

Ron Malka, Duta Besar Israel untuk India, mengatakan dia menandatangani perjanjian dengan Bhutan untuk membangun “hubungan diplomatik formal” pada hari Sabtu, menyebutnya sebagai “hari bersejarah”.

“Kesepakatan ini akan membuka lebih banyak peluang kerjasama untuk kepentingan kedua bangsa kita,” kata Malka di Twitter.

Foto-foto yang dia posting menunjukkan para pejabat dari kedua negara menandatangani dokumen dan berjabat tangan dengan senyum berseri-seri.

Kerajaan terpencil Bhutan, negara berpenduduk kurang dari satu juta orang, terjepit di antara tetangga raksasa China dan India.

Kota ini terkenal dengan indeks Kebahagiaan Nasional Bruto, yang mengacu pada kebahagiaan daripada pertumbuhan ekonomi.

Bhutan telah mencoba untuk melindungi dirinya dari sisi negatif globalisasi, memperjuangkan “Kebahagiaan Nasional Bruto” atas pertumbuhan PDB, mempertahankan ekonomi negatif karbon dan menekan jumlah wisatawan dengan biaya harian sebesar US $ 250 per pengunjung di musim ramai.

Meskipun Bhutan bangga dengan kemerdekaan budaya dan politiknya, ia juga memiliki hubungan diplomatik dengan sekitar 50 negara, dan tahu bahwa ia harus terbuka.

Red

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *