20 September 2020
  • 20 September 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Fokus Selesaikan Pandemi Covid-19, Erick Thohir : Batalkan Mudik Gratis

Fokus Selesaikan Pandemi Covid-19, Erick Thohir : Batalkan Mudik Gratis

By on 9 April 2020 0 172 Views

Ker.gbr: Menteri BUMN Erick Thohir
(Foto: marketmover)

Jakarta, ROC — Mudik gratis yang rutin dilaksanakan kementrian, anak-anak usaha BUMN, atau perusahaan-perusahaan swasta lainnya, merupakan kegiatan rutin yang dilakukan beberapa tahun terakhir ini.

Namun, ditengah pandemi Corona Virus atau Covid-19 ini, beberapa perusahaan bahkan kementrianpun mengumumkan pernyataan yang memutuskan bahwa tahun ini, mudik gratis ditiadakan.

Setelah sebelumnya Kementerian Perhubungan, giliran Kementerian BUMN yang mengumumkan pembatalan mudik gratis tahun ini. Keputusan tersebut diambil untuk mengantisipasi penyebaran wabah Covid-19 dan salah satu bentuk upaya Kementrian BUMN untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona di Indonesia agar tidak semakin meluas.

Pesan dari Menteri BUMN Erick Thohir tersebut, diumumkan oleh Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga, melalui keterangan tertulis, pekan lalu di Jakarta. Keputusan itu dirasa berat lantaran mudik gratis merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Kementerian BUMn setiap tahunnya.

“Atas arahan dari Pak Menteri, kami cukup sedih akhirnya terpaksa batalkan mudik gratis yang dilakukan oleh BUMN yang telah dilakukan bertahun-tahun selama ini. Sekarang seperti kata Pak Erick bahwa kita jangan mudik, kita jaga keluarga kita, di kampung maupun di kota,” tutur Arya.

Menurutnya, keinginan pemerintah agar masyarakat tetap melakukan isolasi mandiri di rumah, menjadi alasan Kementerian BUMN membatalkan mudik gratis tahun ini. Sementara dananya akan dialihkan untuk penanganan penyebaran Covid-19. Mudik gratis Kementerian BUMN sendiri selama ini menggunakan dana CSR BUMN.

“Maka yang selama ini dana-dana yang dipakai untuk mudik gratis yang bagian dari CSR BUMN akan dialihkan dan diprioritaskan untuk kesehatan. Dalam hal ini prioritas kita menghadapi corona maka dana tersebut akan diprioritaskan untuk menghadapi corona. Ini adalah langkah yang dimintakan oleh Pak Erick kepada semua BUMN supaya dengan pengalihan ini masyarakat Indonesia akan cepat terbantu,” tambahnya.

Menurut data yang dipegang Arya, tahun ini seharusnya ada 275 ribu pemudik yang diberangkatkan melalui mudik gratis Kementerian BUMN. Diharapkan seluruh pemudik itu juga tidak merealisasikan niatnya mudik tahun ini.(red)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *