26 March 2019
  • 26 March 2019
Breaking News
  • Home
  • Nasional
  • Festival Kuliner Jombang, ‘Stop Generasi Micin’

Festival Kuliner Jombang, ‘Stop Generasi Micin’

By on 22 October 2018 0 62 Views

Jombang, ROC – Guna mengenalkan jajanan dan makanan tradisional pada masyarakat. Pusat Oleh Oleh Jombang (POJ) menggelar pasar krempyeng dengan tema “Stop Generasi Micin”.

“Pasar krempyeng khusus memproduksi jajanan tradisional contohnya, Tiwul, Klanting, Bubur sruntul dan lain lain. Sehingga masyarakat Jombang lebih senang dan mencintai produk tersebut, dimana produk ini tidak memakai bahan pengawet dan bahan penyedap rasa,” Ujar Catur Humas POJ, Jumat (19/10).

Tema stop generasi micin, menurut Catur, bahwa tema tersebut diangkat agar masyarakat sadar akan bahaya penyedap rasa yang berbahan kimia.

“Peserta diutamakan tidak menggunakan bahan bahan pengawet termasuk micin. Itukan lagi dikampanyekan mengadung bahan berbahaya jadi kita utamakan tidak memakai bahan seperti itu,” terang Catur.

Untuk pengganti penyedap rasa berbahan kimia, Catur menjelaskan bisa dialihkan ke bahan alami.

“Penggantinya, ya berbahan alami seperti ikan lele, udang dan lain lain,” ungkapnya.

Sementara, Wakil Bupati Jombang, Sumrambah ketika memberikan sambutan memberikan arahan bahwa pelaku usaha harus kreatif masalah pemasaran bisa dibantu pemerintah daerah sehingga bisa masuk ke pasar modern.

“Tugas UMKM memproses yang baik, tugas pemerintah meberlakukan kebijakan dengan pasar modern itu yang dibutuhkan,” paparnya.

Masih, Sumrambah juga menyinggung soal jajanan tradisional yang sekarang banyak diproduksi oleh pabrikan.

“Sebagai contoh pernah lihat keripik tempe kalau dulu itu kita anggap produk biasa biasa saja. Ternyata keripik tempe bukan miliknya UMKM kenapa demikian karena keripik tempe sudah diproduksi pabrikan dan dijual di pasar modern, itu PR kita,” ungkapnya.

Dalam acara tersebut ada sekitar 40 lapak yang menyajikan makan juga menu yang berbeda. Yang membuat acara itu meriah ada acara lelang puluhan makanan. (Har/HP)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *