23 April 2021
  • 23 April 2021
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Fabio Quartararo: Tak Diketahui Penggemar, ini Kebiasaan Uniknya Sebelum Balapan

Fabio Quartararo: Tak Diketahui Penggemar, ini Kebiasaan Uniknya Sebelum Balapan

By on 1 February 2021 0 86 Views

Ket gbr: Pembalap asal Prancis yang dijuluki El Diablo, Fabio Quartararo diketahui melakukan segala cara untuk mewujudkan ambisi menjadi juara di pentas MotoGP 2021. Bahkan, pembalap Petronas Yamaha SRT itu akan menggunakan jasa psikolog untuk mengatur emosi yang menjadi kendala baginya. Sempat difavoritkan menjadi kampiun setelah meraih kemenangan pada dua seri balapan pembuka, namun Quartararo justru mengalami kemunduran di lomba-lomba berikutnya. Pembalap asal Prancis itu paham, meraih gelar juara tak mudah dan ada banyak yang harus dia benahi untuk mewujudkannya. Itu dialami di musim lalu, saat dia harus menelan luka di MotoGP 2020. Foto/Twitter.

ROC – Fabio Quartararo memiliki kebiasaan unik yang jarang diketahui orang yang dilakukan sebelum menjalani sesi latihan, kualifikasi, mau pun balapan di ajang MotoGP . Pembalap asal Prancis itu selalu ingin menjadi orang pertama yang menyalakan mesin motornya.

Biasanya, tugas tersebut diserahkan kepada mekanik. Tapi, tak jarang Fabio Quartararo melakukannya sendiri. Mantan pembalap tim satelit Petronas Yamaha SRT itu bahkan tidak segan memegang alat khusus untuk memantik mesin motor di garasi.

“Pada tes di Valencia (2018), saya bertanya apakah bisa mencoba menyalakan mesin motor. Semua kru tertawa karena mereka tidak mengerti mengapa ada pembalap mau melakukan hal itu,” ungkap Fabio Quartararo, dikutip dari Speedweek, Minggu (31/1).

“Setiap kali saya berada di garasi dan melihat mekanik menyiapkan motor, saya selalu membantu mereka. Saya ini bukan hanya pembalap, tetapi juga bagian dari tim,” imbuh pembalap berusia 21 tahun tersebut.

Alasan Fabio Quartararo tersebut sungguh mulia. Ia sadar, tanpa kerja keras para mekanik, motornya tidak akan siap untuk dipakai balapan. Karena itu, Quartararo ingin selalu membantu mekaniknya untuk hal sekecil apa pun.

“Tanpa para mekanik dan teknisi, motor saya tidak akan bekerja dengan optimal. Saya ingin menjadi hanya pembalap yang naik ke atas motor dan mengendarainya di sirkuit,” lanjut Fabio Quartararo.

“Tim terasa seperti keluarga. Kami semua adalah manusia biasa, sama seperti anggota tim lainnya. Jika saya menang, sangat penting untuk menyebut kami sudah memenangi balapan, bukan hanya saya. Sebab, orang-orang bekerja sama kerasnya dengan saya,” tutup pembalap kelahiran Nice itu.

Ritual tersebut mungkin saja dilanjutkan oleh Fabio Quartararo pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2021. Namun, aksinya itu baru akan terlihat setidaknya pada Tes Pramusim MotoGP 2021 di Sirkuit Internasional Losail, Qatar, pada Maret mendatang.

Jika benar dilanjutkan, maka kerja teknisi Tim Monster Energy Yamaha akan sedikit terbantu. Ya, Fabio Quartararo akan membela tim pabrikan Yamaha itu pada MotoGP 2021, menggantikan Valentino Rossi.

Red

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *