28 March 2020
  • 28 March 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Eks Direktur Pelindo ll Diperiksa KPK Terkait RJ Lino

Eks Direktur Pelindo ll Diperiksa KPK Terkait RJ Lino

By on 17 February 2020 0 44 Views

ROC — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa mantan Direktur Operasi PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) ll, Dana Amin, sebagai saksi untuk tersangka RJ Lino, terkait kasus dugaan korupsi pengadaan quay container crane (QCC) di PT Pelindo II. Terhadap Dana Amin, KPK mengajukan beberapa pertanyaan terkait tentang proses awal pengadaan QCC tersebut.

“Seputar pengetahuan saksi terkait dengan proses awal pengadaan QCC,” kata Plt Jubir KPK Ali Fikri, di Jakarta, Senin (17/2).

Usai diperiksa, Dana Amin mengaku tak tahu banyak soal proses pengadaan QCC itu. Dia juga mengatakan proses pengadaan itu terjadi pada tahun 2010. Dia baru masuk jajaran direksi Pelindo II pada tahun 2012.

“Saya nggak tahu banyak karena saya baru masuk 2 tahun setelah prosesnya,” kata Dana saat meninggalkan gedung KPK.

Seperti diketahui, RJ Lino ditetapkan KPK sebagai tersangka pada 2015. Lino diduga menyalahgunakan wewenang untuk memperkaya diri sendiri dan orang lain atau korporasi dalam pengadaan tiga unit QCC pada 2010.

Lino juga diduga menyalahgunakan kewenangannya dengan memerintahkan penunjukan langsung kepada perusahaan asal China untuk pengadaan tiga QCC tersebut. Pada saat itu, Lino menjabat Direktur Utama PT Pelindo II.

Kerugian negara dalam kasus ini disebut mencapai Rp 60 miliar. KPK pun memeriksa RJ Lino pada 5 Februari 2016. Namun sejak ditetapkan sebagai tersangka, Lino belum ditahan KPK sampai saat ini.

Sementara itu, Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Agung Firman Sampurna meyakini KPK segera menyelesaikan kasus dugaan korupsi pengadaan QCC di PT Pelindo II yang menjerat RJ Lino itu. Agung menilai kasus ini pelik, tetapi bukan tidak mungkin segera dituntaskan.

“Sejauh ini kami lihat masih ada sedikit masalah di situ, tapi masalahnya nggak banyak. Artinya, kasusnya sendiri firmed, yang melakukan penghitungan kami. Kami yang menghitung,” kata Agung setelah menerima kunjungan pimpinan KPK di kantornya, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa, tanggal 7 Januari lalu.

(idj/idj)

Foto : Lnkd.com

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *