27 October 2020
  • 27 October 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Dubai Port Minat Bangun Pelabuhan Di Indonesia, Ini Info Tiga Lokasi Dari Menhub

Dubai Port Minat Bangun Pelabuhan Di Indonesia, Ini Info Tiga Lokasi Dari Menhub

By on 22 February 2020 0 170 Views

ROC — Bekerja sama dengan PT Maspion, Dubai Port saat ini sedang melakukan pembangunan pelabuhan peti kemas di Gresik Jawa Timur. Selain itu juga, Dubai Port mempunyai keinginan untuk membangun di tempat lainnya.

Demikian dikatakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, seusai membuka FGD tentang Personal Mobility Devices untuk First and Last Mile, di ruang Neggala, Kementerian Perhubungan, Jumat (21/2).

Di hari yang sama Menhub juga menerima kunjungan dari pihak Dubai Port terkait keinginanan investasi membangun pelabuhan di Indonesia.

“Atas keinginan itu saya sampaikan ada tiga lokasi yang potensial untuk dibangun yakni di Sumatera Selatan tepatnya di Tanjung Carat, lalu di Kendal Jawa tengah dan di Ambon,” kata Menhub.

Atas keinginan pihak Dubai Port itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengemukakan telah menawarkan investasi di tiga kawasan.

“Untuk pelabuhan Kendal di Jawa tengah memang sebelumnya sudah ada MOU dengan Singapura, namun sampai saat ini belum ada kegiatan, sehingga bisa dimanfaatkan jika ada pihak yang ingin membangunnya,” tambah Menhub.

Sedangkan untuk di Ambon, lanjutnya, kami sedang mengembangkan pelabuhan dan kawasan untuk mendukung kegiatan perikanan.

“Kami berharap dengan informasi yang kami sampaikan ada respon positif sehingga investasi pembangunan pelabuhan bisa masuk,” kata Menhub.

Saat ini Dubai Port World Asia sedang bekerjasama dengan  PT Maspion membangun pelabuhan peti kemas di Kawasan Industri Maspion yang terletak di Manyar Gresik, Jawa Timur. Pembangunan pelabuhan peti kemas itu berlangsung tahun 2019 dan diharapkan mulai beroperasi akhir tahun ini.

(idj/idj)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *