30 October 2020
  • 30 October 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Dua Negara Bagian di Australia Masih Mencatat Adanya Kasus Baru Virus Corona

Dua Negara Bagian di Australia Masih Mencatat Adanya Kasus Baru Virus Corona

By on 7 May 2020 0 150 Views

Foto: dok.ABC News

ROC — Australia masih mencatat kasus baru virus Corona dalam 24 jam terakhir meski hanya di dua negara bagian, New South Wales dan Victoria. Dikutip dari ABC News, Australia juga telah mencatat beberapa kasus baru virus Corona di sejumlah negara bagian. Namun jumlahnya tidak lebih banyak dibandingkan saat pertama kali virus Corona mewabah.

Sementara di Australia Selatan sudah hampir dua minggu tidak mencatat kasus baru Covid-19.

Di Tasmania, tidak ada kasus baru dalam lima hari terakhir.

Kasus baru terakhir yang tercatat di Kawasan Australia Utara adalah empat hari dan hingga kini diketahui belum ada warga Aborigin di negara bagian tersebut yang tertular virus Corona.

Saat ini sedang ada rencana bagi Australia untuk melonggarkan pembatasan pergerakan warga, namun kebanyakan warga masih takut untuk keluar rumah.

Semua yang kembali ke Australia telah diwajibkan untuk melakukan isolasi di rumah masing-masing, bahkan ada pula yang disediakan hotel oleh pemerintah.

New South Wales

Badan otoritas kesehatan di New South Wales mengatakan sedang menyelidiki sumber penularan lima kasus virus Corona yang ditemukan Selasa (5/5) lalu.

Mereka yang dinyatakan positif lewat uji swab adalah di antara sembilan kasus baru yang tercatat di NSW dalam 24 jam terakhir hingga Selasa malam pukul 8:00.

Sementara empat kasus baru lainnya, menurut Kepala otoritas kesehatan NSW, Kerry Chant, diketahui bersumber dari luar negeri atau kontak langsung.

Dr Chant mengatakan satu dari sembilan kasus baru yang dikonfirmasi telah diketahui mendatangi “fasilitas kesehatan”, tetapi semua staf memiliki kontak dengannya dinyatakan negatif setelah dites virus Corona.

Hingga saat ini total kasus di NSW dengan ibukota Sydney adalah 3.042.

Cedar Meats Australia di Melbourne menjadi klaster baru di Melbourne setelah ditemukan adanya 34 kasus virus Corona.

Victoria

Sudah empat hari berturut-turut negara bagian Victoria, dengan ibukota Melbourne mencatat peningkatan kasus virus Corona hingga mencapai belasan.

Sebagian dari kasus baru yang telah didiagnosis adalah terkait dengan klaster sebuah pabrik pemotongan daging ‘Cedar Meats Australia’.

Dari 17 kasus baru virus Corona di Victoria, empat orang diketahui terkait dengan ‘Cedar Meats Australia’, tujuh orang yang kembali dari luar negeri dan sedang dikarantina.

Hingga saat ini total ada lebih dari 40 kasus virus Corona baru di pabrik pemotongan dan pengolahan daging tersebut.

Departemen kesehatan di Australia (DHHS) telah mengkonfirmasi jika kasus pertama yang terkait dengan pabrik daging ini didiagnosis pada 2 April.

Tapi pekerja ini tidak datang ke fasilitas pemotongan hewan ini selama empat minggu, karenanya pabrik daging ini tidak bisa dianggap sebagai pusat penyebaran.

Di Victoria jumlah kasus saat ini telah mencapai 1.440 dan 1.321 diantaranya dinyatakan telah sembuh.

Australia Barat dengan ibukota Perth sudah seminggu tidak mencatat kasus baru virus Corona.

Australia Barat

Kepala negara bagian Australia Barat, Premier Mark McGowan mengatakan tidak ada penambahan kasus virus Corona dalam semalam.

Artinya sudah tujuh hari berturut-turut negara bagian dengan ibukota Perth ini tidak mencatat kasus baru. Ia mengatakan hal ini menjadi sebuah hal yang “menakjubkan, luar biasa, dan hebat” bagi negara bagiannya.

Masih ada 14 kasus virus Corona yang aktif saat ini, tujuh orang di rumah sakit dan 3 orang di gawat darurat. Tercatat sudah ada 528 kasus virus Corona yang sembuh.

Faktor pertumbuhan di Australia naik lagi

Australia mengaku telah melakukan pekerjaan luar biasa untuk mengendalikan wabah virus corona di negaranya.

Tetapi untuk pertama kalinya dalam lebih dari sebulan, ‘growth factor’ atau faktor pertumbuhan untuk kasus Covid-19 telah meningkat di atas angka satu.

Artinya, Australia memiliki lebih banyak kasus baru pada pekan ini dibandingkan pekan sebelumnya.

Secara singkat, faktor pertumbuhan adalah ukuran seberapa cepat jumlah kasus baru naik atau turun. Australia telah berusaha agar angkanya di bawah satu.

Dalam beberapa minggu terakhir sudah beberapa kali kasus positif Corona di sejumlah negara bagian tidak lebih dari dua digit.

Sebuah penurunan yang besar dari 460 kasus yang pernah tercatat sejak 28 Maret 2020.

“Ketika itu di atas satu, artinya kita harus melakukan sesuatu, yakni memastikan alasan di atas satu terkendali dengan baik,” kata Catherine Bennett dari kajian epidemiologi di Deakin University, Melbourne.

“Saya rasa akan mudah melampaui angka satu jika kita menemukan klaster kecil lain dan ini harus dipersiapkan,” tambahnya.

Inilah yang kita lihat sekarang dengan wabah virus corona yang ditemukan di sebuah pabrik daging ‘Cedar Meats Australia’ di negara bagian dalam Victoria selama beberapa hari terakhir.(Red)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *