21 April 2021
  • 21 April 2021
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • DPRD Kota Mojokerto Desak Eksekutif Uji Kelayakan GMSC

DPRD Kota Mojokerto Desak Eksekutif Uji Kelayakan GMSC

By on 20 January 2021 0 70 Views

Ket gbr: Lantai Dua Gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Mojokerto, yang berada di gedung Graha Mojokerto Service City (GMSC), dijalan Gajah Mada, Kota Mojokerto Jawa Timur, secara tiba-tiba atap atau plafonnya ambrol dan mengalami rusak parah, pada Sabtu malam, (9/1/2020).

ROC — Setelah ambrolnya plafon Graha Mojokerto Service City (GMSC), DPRD Kota Mojokerto mendesak Eksekutif untuk segera melakukan uji kelayakan gedung GMSC tersebut. Evaluasi ini guna untuk memastikan keamanan Mal Pelayanan Publik (MPP).

Wakil Ketua DPRD Kota Mojokerto, Junaedi Malik memgatakan bahwa ambrolnya atap di MPP, merupakan sebagai sinyal merah bagi Pemerintah Kota untuk meninjau ulang konstruksi bangunan di gedung GMSC tersebut.

Dia mengimbau Dinas Pekerjaan Umum, Penataaan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPUPR-PKP), untuk segera membentuk tim khusus dalam mengevaluasi secara menyeluruh situasi dan keadaan bangunan gedung GMSC tersebut.

“Kita tekankan untuk segera mengecek kondisi bangunan, hal yang menyangkut kerangka-kerangka plafon di semua lantai,” tegas Junaedi pada awak media, Rabu (20/1).

Langkah ini, lanjut Junaedi, bertujuan untuk memastikan kelayakan gedung yang dibangun secara multiyears ini.

Menurutnya, gedung GMSC yang difungsikan sebagai perkantoran, merupakan gedung yang juga berfungsi sebagai pusat pelayanan publik. Olehnya itu dia beranggapan, seharusnya ada jaminan keamanan untuk masyarakat yang mengurus berbagai keperluan di dalam gedung tersebut.

“Kita mengharapkan jangan sampai hal tersebut terulang kembali. Wajib untuk mengantisipasi agar kedepannya, tidak ada kekhawatiran lagi akan hal-hal yang terjadi yang tidak diinginkan,” imbuhnya.

Lebih jauh dikatakan, semua lantai merupakan satu rangkaian pekerjaan serta pelaksanaan dalam tahun anggaran. Dan tidak menutup kemungkinan konstruksi plafon disemua gedung memiliki kualitas seperti di MPP.

Namun menurutnya, masih perlu dilakukan pengkajian ulang bahwa kondisi dilantai yang lainnya juga benar-benar dalam kondisi yang baik serta layak untuk digunakan atau difungsikan.

“Kalau belum adanya evaluasi secara teknis, kita sama-sama tidak bisa memastikan apakah sudah aman atau belum,” tegasnya.

Dikatakan juga, kalau dalam pengkajian ulang nantinya ada temuan bahwa kondisi bangunan yang dianggap masih beresiko, maka segera dilakukan pencegahan sedini mungkin.

“Dimana titik keramaian layanan sesegera mungkin dihindarkan dari beberapa tempat,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala DPUPR-PKP Mashudi menjelaskan bahwa pihaknya telah menggandeng tim ahli untuk melakukan evaluasi di gedung GMSC. Dia juga mengatakan, bahwa pada hari Rabu (13/1/2021) lalu, tim ahli dari akademisi ITS Surabaya, juga telah diturunkan untuk mengevaluasi tingkat kelayakan gedung tersebut.

Menurut Mashudi, evaluasi difokuskan dalam penanganan serta pengecekan semua bagian plafon yang ada di GMSC.

“Kecuali yang di MPP karena adanya police-line, tim ahli akan mengecek beban kerangka dengan beban plafon. Apakah sudah sesuai untuk menopang atau tidak sehingga berpotensi ambruk,” jelasnya.

Dikatakan juga, selama proses evaluasi pihaknya juga meminta kepada Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu serta Dinas Tenaga Kerja (DPMPTSP – DISNAKER) selaku leading sektor GMSC untuk tidak menyewakan hall yang dilantai empat.

Sementara ini, tambahnya, aktivitas pelayanan publik maupun perkantoran tetap berjalan seperti biasanya. Karena dinilai memiliki resiko lebih minim dibanding dengan ruangan lainnya. Untuk menjaga keamanan, penataan ruangan juga sudah terdapat banyak penyangganya.

“Semuanya akan kita cek tanpa terkecuali, kalau tim ahli sudah mengatakan aman, Alhamdulillah, namun kalau memang masih butuh evaluasi, akan kita lakukan lagi nantinya,” pungkasnya. (HP)

idj/idj

 

 

 

👉Terimakasih sudah membaca & membagikan link republik-online.com

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *