2 June 2020
  • 2 June 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • DPRD DKI : Jika Terjadi Karantina Wilayah, Pemprov Harus Atur Skema Distribusi Pangan

DPRD DKI : Jika Terjadi Karantina Wilayah, Pemprov Harus Atur Skema Distribusi Pangan

By on 31 March 2020 0 59 Views

Foto: Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Mohammad Arifin (tim Humas PKS)

Jakarta, ROC — Keputusan opsi lockdown maupuna karantina wilayah untuk DKI Jakarta harus dihadapi dan dipersiapkan secara matang. Beberapa hal penting perlu dipersiapkan, salah satunya adalah soal level aman pasokan logistik pasar.

“BUMD terkait dan stakeholder pangan harus mengamankan pasokan selama satu sampai dua bulan ke depan,” kata Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Mohammad Arifin.

Menurutnya, distribusi bahan pokok harus tersebar dan berdekatan dengan pemukiman warga.

“Jadi barangnya didekatkan ke warga, jangan sampai warga harus bepergian jauh keluar untuk mendapatkan bahan pokok,” ungkap Arifin kepada wartawan, Senin (30/3).

Menurutnya juga, khusus untuk distribusi wilayah yang punya kasus orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP) dan pasien positif, logistik harus diantar ke rumah warga tersebut. Dalam kondisi ini, tambahnya, kerja sama dengan aparat keamanan, dan pejabat daerah setempat seperti camat, lurah, RW dan RT sangat dibutuhkan.

“Khusus untuk rumah warga yang jadi PDP, ODP dan positif terinfeksi, logistiknya perlu diantarkan ke rumah,” ujarnya.

Lebih lanjut, jika opsi karantina wilayah diterapkan Pemprov DKI, PKS memberi apresiasi penuh karena hal tersebut jadi salah cara menekan angka penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

Diketahui sebelumnya, saat ini penanganan Virus Corona di Indonesia sedang dilakukan. Pemerintah dengan gencar menggaungkan akan dilaksanakannya pembatasan sosial atau social distancing di seluruh wilayah. Hal tersebut menjadi pertimbangan pemerintah untuk menerapkan kebijakan yang lebih efektif untuk menekan pertambahan orang yang terinfeksi wabah Virus Corona tersebut.

(idj/idj)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *