29 October 2020
  • 29 October 2020
Breaking News

DKI Jakarta PSBB Lagi, Pembatalan Tiket Pesawat Meroket

By on 14 September 2020 0 142 Views

Foto.dok: idj/roc

ROC – Ribuan calon penumpang pesawat melakukan pengembalian tiket atau refund akibat rencana pemerintah DKI Jakarta mengeluarkan kebijakan PSBB kembali.

Sekretaris Jenderal Astindo Pauline Suharno menjelaskan saat ini pariwisata domestik sudah mulai terdapat pergerakan tetapi dengan adanya wacana untuk PSBB, pergerakannya kembali melemah dan direspons dengan pembatalan tiket penerbangan.

“Sudah ada sejumlah klien berencana mau berangkat jadi membatalkan karena PSBB lagi. Banyak yang memutuskan untuk cancel. Jadi, harapannya kami sudah mulai senang karena bisa menjual tiket, tetapi drop lagi,” jelasnya, Minggu (13/9).

Pauline menjelaskan, penjualan tiket penerbangan menurun drastis apabila dibandingkan dengan pada tahun lalu karena frekuensi penerbangan yang juga belum pulih.

Lebih lanjut dia mengatakan, dengan mulainya sejumlah perjalanan, arus kas tak lagi macet seperti pada masa-masa awal. Sehingga, refund kepada konsumen bisa cepat dilakukan.

“Refund perlahan-lahan sudah mulai keluar meskipun belum full, termasuk tiket-tiket yang dikeluarkan menggunakan top up deposit. Adanya perjalanan, cashflow mulai ada. Jadi bisa perlahan-lahan mulai mengembalikan refund konsumen yang tertahan di rekening virtual,” tambahnya.

Dalam kondisi saat ini dia mengharapkan pariwisata tetap berjalan untuk meningkatkan perekonomian dengan protokol kesehatan yang diterapkan dan diawasi oleh pemerintah. Dia menganjurkan agar memperketatnya dengan razia secara berkala.

Pasalnya pelaku pariwisata sejak PSBB awal dan transisi sudah mengalami kerugian luar biasa dan memberlakukan unpaid leave bahkan PHK kepada karyawan.

(idj)

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *