6 July 2020
  • 6 July 2020
Breaking News
  • Home
  • Nasional
  • Ditemui Presiden Jokowi, Perusahaan Kelas Kakap Korsel Nyatakan Minat Investasi di RI

Ditemui Presiden Jokowi, Perusahaan Kelas Kakap Korsel Nyatakan Minat Investasi di RI

By on 26 November 2019 0 133 Views

ROC – Presiden Joko Widodo atau Jokowi, demi menggenjot investasi masuk ke Indonesia, jemput bola dengan langsung bertemu dengan 10 CEO perusahaan kelas kakap Korea Selatan. Presiden Jokowi menjanjikan bahwa proses perizinan di Indonesia ke depannya tak lagi serumit saat ini.

Hal ini sejalan dengan rencana pemerintah menyederhanakan 70-74 undang-undang yang dinilai menghambat investor masuk serta memangkas eselon 3 dan eselon 4 birokrasi. Sehingga, pengambilan keputusan semakin mudah.

Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyebut bahwa para pengusaha menyambut baik hal tersebut. Menurut dia, Vice Chairman&CEO Lotte Corp Hwang Kag Gyu telah meningkatkan investasinya dari USD 3,5 miliar menjadi USD 4,3 atau setara dengan Rp 60,6 triliun.

Investasi ini guna pembangunan pabrik petrokimia di Cilegon, Banten. Menko Airlangga menyebut bahwa CEO Lotte berharap proyek tersebut bisa dilaksanakan pada 2023.

“Ini adalah proyek yang subtitusi impor dan ini menjadi bagian daripada penguatan industri kimia di Indonesia dan ini juga merupakan juga bahan baku dari industri otomotif,” kata Menko Airlangga di Hotel Lotte Busan Korea Selatan, Senin (25/11).

Vice Chairman&CEO Hankook Tire and Technology, Cho Hyun Shick, mengatakan bahwa saat ini perusahaannya telah berinvestasi sekitar 10 juta ban dan membuka kemungkinan akan bertambah menjadi 20 juta ban per tahun. Namun, lantaran saat ini terjadi perlambatan ekonomi maka kesepakatan untuk investasi tahap kedua menunggu peningkatan demand atau permintaan.

Sementara itu, President Posco Chang In-Hwa menyatakan komitmen untuk membangun pabrik baja yang bekerja sama dengan Krakatau Steel. Posco menargetkan membangun memproduksi 10 juta ton baja. “Sekaligus juga pembahasan mengenai Hot Strip Mills yang dimiliki KS menjadi bagian daripada pengembangan,” ucap Menko Airlangga.

Menurut dia, CEO SK E&C Ahn Jaehyun menuturkan bahwa perusahaannya memiliki sejumlah investasi. Sedangkan CEO LG International Yoon Chun Sang menyatakan minat untuk pengembangan industri berbasis kimia.

Menko Airlangga menjelaskan bahwa Presiden Jokowi berharap LG International dapat berinvestasi di bidang baterai sheet. Dia menilai Indonesia mempunyai daya saing yang kuat dalam hal ini. “Kita mempunyai bahan baku nikel dan kobalt dan teknologi daripada lithium ini. Tidak ada bahan lain selain nikel dan kobalt,” tuturnya.

Perusahaan Lain

Vice Chairman&CTO Doosan Group, Lee Hyun-Soon, akan mengembangkan kerjasama industri berbasis mesin diesel serta meningkatkan kerjasama dengan PT INKA untuk pengembangan bahan baku lokomotif. Tak hanya itu, Doosan juga akan merelokasi pabriknya ke Indonesia sehingga dapat memproduksi diesel di Indonesia.

“Dengan syarat cluster-nya juga ikut seperti Poiston dan lain-lain juga ikut ke Indonesia dan kami menyampaikan nanti kirim proposal untuk kami lihat menjadi suatu cluster sendiri,” tutur Airlangga.

“Mereka mengatakan bahwa memang di Korea biaya engegering sudah relatif mahal dan mereka berpengalaman bekerja di Indonesia dan mereka sudah memproduksi boiler untuk dipakai di PLTU. Dan mereka positif lah terhadap Indonesia,” sambungnya.

Sedangkan CJ Group memang perusahaan yang telah berekspansi di Indonesia mulai dari makanan, hiburan, biokteknologi, dan infrastruktur. GS Group, kata Menko Airlangga, mengungkapkan keinginannya untuk mengembangkan industri berbasis liquefied natural gas (LNG) atau gas alam cair.

“Bapak Presiden menyampaikan di Kalimantan Utara potensi 11 Giga Watt dan di Mambersmo potensinya sampe diatas 20 giga wat baik untuk pengembangan industri ke depan,” pungkas Airlangga.

Adapun CEO 10 perusahaan besar yang bertemu Presiden Jokowi antara lain, President and CEO GS Global Kim Tae-Hyung, CEO LG International Yoon Chun Sang, President&CEO DSME Lee Sung Geun, President Posco Chang In-Hwa.

Kemudian, Chairman CJ Group Sohn Kyung-Shik, Chairman and President KAXIM Bang Moon Kyu, Vice Chairman& CEO Lotte Corp Hwang Kag Gyu, Vice Chairman&CTO Doosan Group Lee Hyun-Soon, Vice Chairman&CEO Hankook Tire and Technology Cho Hyun Shick, dan President and CEO SK E&C Ahn Jaehyun.

 

(Red/Merdeka)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *