13 April 2021
  • 13 April 2021
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Diminta Bentuk Tim Independen Penembakan Anggota FPI, Jokowi: Ada Komnas HAM

Diminta Bentuk Tim Independen Penembakan Anggota FPI, Jokowi: Ada Komnas HAM

By on 13 December 2020 0 79 Views

Jokowi mengatakan masyarakat bisa mengadu ke Komnas HAM terkait kasus penembakan enam laskar FPI. (Foto: BPMI Setpres)

ROC — Presiden Joko Widodo (Jokowi) didesak sejumlah pihak untuk membentuk tim independen mengusut penembakan enam laskar Front Pembela Islam (FPI) pengawal Habib Rizieq Shihab. Jokowi mengatakan mekanisme itu bisa dijalankan oleh lembaga yang sudah dimiliki negara yaitu Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).

Menurut Jokowi, masyarakat yang memiliki bukti terkait kejadian itu bisa mengadukannya ke Komnas HAM. Jokowi pun mengingatkan semua pihak agar mengikuti prosedur hukum yang berlaku untuk mengusut suatu kasus.

“Jika memerlukan keterlibatan lembaga independen kita punya Komnas HAM, masyarakat bisa mengadu,” ujar Jokowi ditemui di Istana Bogor, Jawa Barat, Minggu (13/12).

Jokowi juga mengatakan biasanya ada perbedaan pendapat dalam melihat kasus seperti penembakan enam laskar FPI ini. Dia pun menegaskan kembali agar semua perbedaan pendapat diselesaikan melalui mekanisme hukum serta meminta agar keputusan pengadilan dihargai.

“Jika ada perbedaan pendapat, biasanya ada. Jika ada perbedaan pendapat tentang proses penegakan hukum saya minta agar menggunakan mekanisme hukum. Ikuti prosedur hukum. Ikuti proses peradilan. Hargai keputusan pengadilan,” ucapnya.

Sebelumnya, menanggapi kasus penembakan itu, Jokowi menegaskan aparat dan masyarakat harus sama-sama mengikuti aturan karena Indonesia merupakan negara hukum. Presiden mengatakan sudah menjadi kewajiban bagi aparat untuk menegakkan hukum secara adil.

Red

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *