31 May 2020
  • 31 May 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Dilaporkan ke Bareskrim Polri, Said Didu Siap Hadapi Luhut Dengan Basmalah

Dilaporkan ke Bareskrim Polri, Said Didu Siap Hadapi Luhut Dengan Basmalah

By on 3 May 2020 0 74 Views

Foto : Said Didu

Jakarta, ROC — Said Didu akhirnya angkat suara, terkait pelaporan dirinya atas dugaan tindak pidana pencemaran nama baik melalui media elektronik yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang penyebaran berita bohong dan penghinaan. Said akan memenuhi panggilan polisi untuk diperiksa.

“Mohon kontak pengacara saya. Kalau dari saya hanya mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim,” ujar Said saat dihubungi, Sabtu (2/5).

Kuasa Hukum Said Didu, Helvis menegaskan bahwa kliennya akan taat terhadap proses hukum. Dia menegaskan Said akan datang pada Senin (4/5) ke Bareskrim Polri.

“Pada prinsipnya kita taat terhadap panggilan polisi. Nanti kita lihat hari Senin, yang jelas kita taat pada panggilan polisi dan pasti datang,” kata Helvis saat dihubungi terpisah.

Sementara itu, pelapor kasus, yaitu Arief Pratamijaya yang merupakan kuasa hukum Luhut B Pandjaitan, mengatakan mengatakan pelaporan ini didasari unggahan video akun YouTube Said Didu berjudul ‘MSD: LUHUT HANYA PIKIRKAN UANG, UANG, UANG,’ yang berdurasi 22,44 menit. Arief menyebut pernyataan Said Didu dalam video tersebut disiarkan berulang-ulang dan beredar di media sosial.

“Laporan dugaan tindak pidana pencemaran nama baik melalui media elektronik UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Pasal 35 ayat (3) jo Pasal 27 ayat (3), Penyebaran berita bohong UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang KUHP Pasal 14 ayat (1) dan/atau ayat (2) dan/atau Pasal 15, Penghinaan Pasal 310 dan 311 KUHP yang dilakukan oleh MUHAMMAD SAID DIDU,” ujar Arief.

Diberitakan sebelumnya, Said Didu dipanggil untuk diperiksa oleh Bareskrim Polri. Said Didu hendak diperiksa terkait kasus pencemaran nama baik.

“Ya, benar (Bareskrim panggil Said Didu). Kasus pencemaran nama baik,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono ketika dikonfirmasi.

Pemanggilan Said Didu tertuang dalam Surat Panggilan Nomor S.Pgl/64/IV/RES.1.1.14/2020/Dittipidsiber. Surat itu diterbitkan pada 28 April 2020.

Dalam surat itu ditulis pertimbangan pemanggilan adalah untuk kepentingan pemeriksaan dalam rangka penyidikan tindak pidana. Said Didu diminta hadir di Lantai 15 kantor Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri pada Senin (4/5) pukul 10.00 WIB.

Untuk diketahui, sebelumnya mantan Sekretaris Kementerian BUMN tersebut sebenarnya telah mengklarifikasi maksud dari video bertajuk ‘Luhut: Uang, Uang dan Uang’ ke Menko Kemaritiman dan Investasi (Menko Marvest) Luhut B Pandjaitan melalui surat. Meski begitu, Luhut tetap melanjutkan kasus ini ke jalur hukum.

Juru Bicara Luhut, Jodi Mahardi, mengatakan surat tersebut sudah diterima dan dibaca. Namun tidak ada respons dari Luhut dan tetap ingin melanjutkan perkara itu lewat jalur hukum.

“Pak Luhut sudah baca (surat Said Didu). Tidak ada komentar apa-apa. Saya tanyakan apakah dilanjutin proses hukumnya, jawabnya, ‘iya’,” kata Jodi.(idj)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *