19 October 2019
  • 19 October 2019
Breaking News
  • Home
  • Nasional
  • Dewan Pers Belum Temukan Indikasi Fitnah dan Hoaks

Dewan Pers Belum Temukan Indikasi Fitnah dan Hoaks

By on 28 January 2019 0 123 Views

JAKARTA, Roc – Kubu Jokowi- Ma’ruf Amin menyayangkan tudingan kubu Prabowo-Sandiaga yang menyatakan tabloid Indonesia Barokah diduga didalangi Wakil Direktur Komunikasi Politik TKN Irfan Wahid atau Ipang Wahid. Kubu Jokowi-Ma’ruf Amin menilai tudingan tersebut hanya asumsi kubu Prabowo-Sandiaga belaka.

Anggota Dewan Pers Nezar Patria mengatakan, pihaknya masih terus mengkaji soal isi tabloid Indonesia Barokah yang dianggap menyudutkan capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno.

Menurutnya, dari hasil pengkajian sementara, Dewan Pers belum menemukan indikasi penyebaran fitnah dan ujaran kebencian dari tabloid tersebut.

“Tapi memang, hasil bacaan sementara sebelum pendalaman belum terlihat ada fitnah yang menjurus pada hoaks atau penyebaran kebencian, tapi lebih pada keberimbangan,” kata Nezar di Kawasan Bulungan, Jakarta Selatan, Minggu (27/1).

Nezar mengatakan, Dewan Pers juga akan menggelar rapat untuk memberikan penilaian terhadap tabloid tersebut. Dia juga menjamin Dewan Pers akan objektif jika nantinya ada laporan terkait media itu.

“Nanti ada proses yang masuk ke dewan pers guna menjamin proses itu objektif, kita akan melepaskan diri dari politik yang ada di balik Indonesia Barokah ini ya. Dan kita akan menemparkan dia sebagaimana aturan yang ditetapkan Dewan Pers,” ujarnya.

Dia menambahkan, Dewan Pers juga tengah mendalami apakah tabloid itu adalah produk jurnalistik. Dewan Pers akan memanggil pemilik tabloid jika sudah ada laporan yang masuk terkait keberadaan tabloid itu.

“Kita cek misalnya perusahaan, alamat yang tercantum dalam bloks tabloid itu. Pengecekan sedang berjalan, kemudian kita uji setiap artikel di situ,” ucapnya.

“Dan kalau ada dua belah pihak kedua belah pihak akan dipanggil, yang mengadu maupun teradu, nasibnya akan dibedah di situ,” tandasnya. [Spy]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *