19 October 2019
  • 19 October 2019
Breaking News
  • Home
  • Headline
  • Dewan Pakar RKIH Mayjen TNI (Purn) Dr. Ir. Suharno Berdayakan Para Napi

Dewan Pakar RKIH Mayjen TNI (Purn) Dr. Ir. Suharno Berdayakan Para Napi

By on 28 February 2019 0 898 Views

JAKARTA, ROC – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham bersama Rumah Kreasi Indonesia Hebat (RKIH) sepakat melakukan kerja sama dalam rangka peningkatan kapasitas pemasyarakatan. Keduanya nantinya bakal saling mendukung dalam upaya untuk mendidik warga binaan lembaga pemasyarakatan agar bisa lebih produktif meski di dalam tahanan.

Penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut dilakukan oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami dan Ketua Rumah Kreasi Indonesia Hebat, Kris Budihardjo yang digelar di Graha Bakti Pemasyarakatan, Jakarta, Rabu (28/3). Hadir pula dalam kesempatan itu Dewan Pakar RKIH Mayjen TNI (Purn) Dr. Ir. Suharno.

Utami mengatakan, saat ini lapas sudah over kuota. Setidaknya saat ini terdapat lebih dari 257 ribu warga binaan yang berada di lapas seluruh Indonesia, namun jumlah petugas yang memberikan pelayanan hanya sekitar 44 ribu.

Kondisi itu jelas menurut Utami sangat tidak ideal karena keterbatasan petugas. Oleh sebabnya, Ditjen PAS menggandeng lembaga lain untuk bersama-sama melakukan pembinaan kepada para narapidana agar bisa melakukan pembinaan baik kepada warga binaan maupun petugas lapas agar lebih profuktif.

“44 ribu sumber daya manusia Pemasyarakatan tidak akan bisa menjadi motor revitalisasi kecuali memiliki kapasitas dan kualitas bagus. Maka dari itu, kami harus disentuh terlebih dulu sebagai motor. Karakter kita bisa berubah sebagai pelayan yang menjalankan tusi pemasyarakatan,” imbuh Utami.

Sebagai langkah konkret lanjutan dari penandatangan kerja sama tersebut, rencananya RKIH bakal memberikan pendidikan kepada warga binaan di lapas untuk bisa bertani maupun pelatihan kerja lainnya. Salah satu programnya adalah memproduktifkan lahan-lahan di Lapas Nusakambangan untuk ditanami jambu kristal.

“Rencananya bulan depan kita akan mulai kerja sama ini. Kita akan coba di beberapa lapas sebagai pilot project yakni pembibitan jambu kristal. Kita tahu permintaan jambu kristal ini cukup tinggi,” ujar Kris Budihardjo kepada wartawan.

Sementara itu Ir Dewan Pakar RKIH Mayjen TNI (Purn) Dr. Ir. Suharno ingin memberdayakan para narapidana, agar ada kegiatan positif di dalam lembaga pemasyarakatan. “Misalnya menanam padi, jagung atau sebagianya, sehingga saat keluar tidak canggung lagi untuk membuka usaha. Misalnya di Nusakambangan, tanahnya luas, tidak hanya makan minum selama penantian masa kebebasan,” tutur beliau. [red7]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *