25 October 2020
  • 25 October 2020
Breaking News

Desa Merpas Adakan Pemilihan BPD

By on 5 June 2020 0 313 Views

Bengkulu, ROC — Sehubungan dengan berakhirnya masa jabatan Badan Permusyawatan Desa (BPD) lama, maka pemerintahan Desa Merpas beserta perangkatnya melakukan rapat internal untuk menyikapi kekosongan BPD dan menghasilkan kesepakatan untuk melaksanakan pemilihan.

Atas kesepakatan bersama tersebut, masyarakat desa Merpas mengadakan pemilihan BPD secara demokrasi di desa Merpas pada hari Rabu (3/6) lalu.

Terdapat sejumlah 863 orang mata pilih yang akan memilih siapa yang mereka berikan kepercayaan untuk menjadi wakil mereka dari 10 orang kandidat yang Mendaftarkan diri. Berikut nama-nama ke 10 kandidat tersebut :

1. Mat Tahirin
2. Agri gunawan suhri
3. Ani Yusnita
4. Reko Pitriadi
5. Taslim Bukhari
6. Sarnilawati
7. Syabri
8. Septiana
9. Dani Anza
10. Elvi Darmawanti

Ketua panitia Pemilihan BPD desa Merpas menjelaskan bahwa sistem pemilihan saat ini di langsungkan dengan membagikan undangan kepada masyarakat dan diatur dengan pembagian waktu perdusun, untuk satu dusun yaitu Sidorejo, mengingat jarak tempuh yang sulit, maka mekanismenya diserahkan sepenuhnya kepada masyarakat yang berada di Siderjo untuk memilih satu dari dua calon yang mencalonkan, dengan hasil keputusan hasil musyawarah dan mufakat antar calon BPD dan panitia pemilihan.

Lebih jauh dijelaskan, kesepakatan nantinya di tuangkan dalam surat pernyataan atas kesepakatan bersama-sama yang diketahui oleh kades desa Merpas, begitu juga untuk tiga dusun di desa Merpas yang berdekatan dibagi zona, pembagian tiga waktu 08,00 sampai 10,00 dusun Merpas induk pada pukul10,00 sampai 12,00 di bambu kuning, pukul 12,30 sampai 14,30, Pelabuhan dari pukul 15 00 hingga selesai.

“Adapun waktu dan dan tata caranya tetap mengikuti protokol kesehatan dan imbauan pemerintah dimasa pandemik Covid- 19, selain itu kegiatan ini juga diawasi oleh tim relawan gugus tugas Covid-19 desa Merpas,” jelas Tasirul Amri.

Berdasarkan hasil penghitungan suara, diperoleh hasil dari masing-masing calon dengan perolehan suara sebagai berikut :

1. Agri Gunawan = 152
2. Septiana = 122
3. Reko Pitriadi = 115
4. Mat Tahirin = 91
5. Taslim Bukhari = 83
6. Sarnila Wati = 83
7. Syabri = 79
8. Ani Yusnita = 4
Sementara untuk suara yang tidak sah ada 4 suara.

Hingga proses penghitungan suara selesai, pjs Kades, Camat dan perangkat Desa, tetap mendampingi dengan pengawalan ketat dari Babinsa.

Salah satu tokoh masyarakat Desa Merpas, Harjo Salam, mengungkapkan harapannya kepada kandidat yang telah terpilih, agar dapat menyerap aspirasi masyarakat, dan menjalankan tupoksinya sebagai wakil rakyat di tingkat desa, terutama dalam menjalankan tugas dalam mengawasi jalannya roda pemerintahan Desa.

“Jangan hanya menjadi penonton dan hanya bisa menghitung tanggal bulan gajian saja, mengingat banyaknya PR peninggalan BPD yang sebelumnya, salah satunya adalah belum adanya perdes hingga saat ini, karena tentunya perdes akan menjadi salah satu tolak ukur bagi BPD baru,” tutup Harjo Salam.(Rozi)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *