2 June 2020
  • 2 June 2020
Breaking News
  • Home
  • Nasional
  • Danlanud Hasanuddin: Hercules Stand By di Papua untuk Evakuasi

Danlanud Hasanuddin: Hercules Stand By di Papua untuk Evakuasi

By on 30 September 2019 0 153 Views

Makassar, ROC – Desakan untuk proses evakuasi warga Sulsel di Wamena, Papua mulai bermunculan. Saat ini, telah ada pesawat Hercules di Wamena yang menunggu perintah untuk evakuasi.

“Maaf untuk evakuasi saya belum bisa kasih statement karena belum ada perintah langsung,” kata Danlanud Hasanuddin, Marsekal Madya Haris Haryanto kepada, Senin (30/9/2019).

“Intinya Hercules sudah ada yang stand by di Papua, perkembangan kita pantau,” imbuhnya.

Menurutnya, Lanud Hasanuddin hanya sebagai tempat tujuan jika proses evakuasi dilakukan sehingga dirinya tidak dapat berkomentar lebih lanjut

“Kita ini kan tempat tujuan, ya tinggal menerima saja. Beda dengan kasus Palu yang mana saya mempunyai Detasemen di sana jadi merupakan wilayah tanggung jawab saya,” ungkapnya.

Sebelumnya, wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman berada di Wamena, Papua untuk melihat langsung para pengungsi Sulsel. Dia menyebut pasca konflik di Wamena, sudah sekitar 10 ribu warga yang meminta untuk dievakuasi.

“Wamena sudah mulai kondusif, hanya kondisi perekonomian yang lumpuh total, Menurut informasi, hari ini anak sekolah sudah masuk sekolah, masyarakat yang telah didaftar untuk di evakuasi sebanyak kurang lebih 10.000 orang,” kata Andi Sudirman Sulaiman.

Ia menjelaskan, kunjungannya ke Papua untuk bertemu langsung masyarakat Sulawesi Selatan yang menjadi korban di Wamena. Menurutnya, Pemerintah Papua telah melakukan berbagai macam pendekatan, mulai dari menjalin komunikasi dengan tokoh masyarakat dan pemuka agama, juga bisa pendekatan kultural dan agama.

“Pemerintah Papua telah dan terus melakukan berbagai macam pendekatan untuk meredam konflik yang terjadi di Wamena, semoga saudara kita asal Sulawesi Selatan selalu dalam lindungan Allah Subhanahu Wataala,” ungkapnya.

(Red/Detik)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *