2 April 2020
  • 2 April 2020
Breaking News
  • Home
  • Nasional
  • Damkar Bekasi Evakuasi 5 Induk dan 40 Anak Ular Kobra Selama Sebulan

Damkar Bekasi Evakuasi 5 Induk dan 40 Anak Ular Kobra Selama Sebulan

By on 16 December 2019 0 75 Views

Bekasi, ROC – Kota Bekasi tengah diteror kemunculan ular kobra. Selama satu bulan terakhir ini, petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) telah mengevakuasi puluhan ekor ular kobra dari induk hingga anaknya.

“Indukannya yang kita tangkap ada 5. Kalau anaknya ada sekitar 40-an yang tertangkap,” kata Pelaksana Tim Rescue Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi, Eko Uban, Senin (16/12/2019).

Eko menyebut dalam sebulan ini sudah ada 20 laporan penemuan ular. Evakuasi ular dilakukan di sejumlah kecamatan yakni Bekasi Selatan, Bekasi Timur, dan Pondok Melati.

“(Ular diserahkan ke) pencinta reptil,” tutur Eko.

Eko mengatakan petugas Damkar menggunakan alat penjepit ular untuk mengevakuasi. Eksekutor dilengkapi sepatu boot dan sarung tangan untuk mengantisipasi serangan ular.

Selain itu, petugas juga menemukan 30 cangkang telur ular kobra yang sudah menetas di salah satu perumahan di Bekasi Timur, Minggu (15/12).

“Yang baru ditangkap atau di-sweeping itu baru 5 (ular) tambah 1 (ular ditangkap) sekuriti (perumahan). Jadi masih sisa ada 24 anak kobra lagi,” ungkap Eko.

Ia mengimbau agar warga membersihkan tumpukan-tumpukan barang di rumah masing-masing, dimana hal itu berpotensi sebagai sarang ular.

“Kemudian sering membersihkan dengan nyapu ngepel atau menggunakan wipol atau karbol. Kalau mau bagus lagi pakai karbol yang khusus bau serai atau kita punya lahan kosong kita tanam pohon serai saja, ular takut,” lanjut Eko. (Red/Detik)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *