23 April 2021
  • 23 April 2021
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • China Sebut Perekonomiannya Mulai Pulih dari Pandemi Virus Corona 

China Sebut Perekonomiannya Mulai Pulih dari Pandemi Virus Corona 

By on 19 January 2021 0 63 Views

Ket gbr: Pengunjung mengenakan masker saat berada di sebuah pusat perbelanjaan di Beijing, China, di tengah pandemi, 9 Desember 2020.

ROC — China mengatakan ekonominya tumbuh 2,3 persen pada tahun 2020, pulih dari pandemi virus corona yang telah menghentikan ekonomi global.

Ekonomi terbesar kedua di dunia itu didorong oleh pertumbuhan 6,5 persen pada kuartal keempat dan terakhir tahun 2020, menurut data yang dirilis Senin oleh biro statistik pemerintah, naik tajam dari pertumbuhan 4,9 persen pada kuartal sebelumnya. Para analis mengaitkan pertumbuhan tersebut dengan permintaan yang berkelanjutan untuk produk buatan China, seperti masker wajah dan barang-barang pelindung serta produk elektronik lainnya.

Produk industri naik 7,3 persen pada Desember dari tahun sebelumnya.

Angka-angka terakhir itu menunjukkan China adalah satu-satunya negara di dunia yang berhasil menghindari kontraksi tahun lalu karena segera menangani penyebaran COVID-19, yang pertama kali terdeteksi di pusat kota Wuhan pada akhir 2019. Namun, tahun 2000 adalah tahun ekonomi terlemah China sejak 1976 ketika Revolusi Kebudayaan selama satu dekade berakhir dengan bencana ekonomi.

Pemulihan ekonomi itu semakin luar biasa mengingat China telah menutup semua aktivitas sosial dan ekonomi dalam upaya membendung virus, yang menyebabkan penurunan tajam 6,8 persen ekonomi negara itu pada bulan-bulan pertama tahun 2020.

Red

 

 

 

👉Terimakasih sudah membaca & membagikan link republik-online.com

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *