9 July 2020
  • 9 July 2020
Breaking News
  • Home
  • Redaksi
  • Cegah Coronavirus Di Indonesia, Ini Himbauan Menkes Terawan

Cegah Coronavirus Di Indonesia, Ini Himbauan Menkes Terawan

By on 24 February 2020 0 290 Views

ROC — Industri farmasi di Indonesia saat ini resah, hal tersebut diakibatkan karena 60 persen bahan baku impor farmasi dalam negeri berasal dari Tiongkok. Seperti diketahui, wabah Covid-19 yang merebak saat ini, mengakibatkan perdagangan ekspor impor terhenti, termasuk bahan baku farmasi. Kondisi ini sangat meresahkan.

Menyikapi hal tersebut dan menghadapi virus corona atau Copid-19, Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto mendorong produksi Obat Modern Asli Indonesia (OMAI). Hal tersebut sebagai upaya mengatasi terhentinya produksi bahan baku farmasi di Tiongkok.

Diperkiran stok bahan baku impor bahan baku obat dari Tiongkok diperkirakan tersedia hingga Juni 2020. OMAI pun tidak kalah dengan bahan baku obat kimia.

Oleh karena itu, perlu ada pengganti (subsitusi) bahan baku obat kimia ke bahan baku OMAI, yang berasal dari tanaman dan hewan asli Indonesia.

“Kita sudah mampu mensubstitusi bahan baku obat (dari kimia menjadi bahan baku obat tanaman dan hewan asli Indonesia). Dan ini sudah mengalami kemajuan. Ketersediaan bahan baku obat di dalam negeri terus tercapai dan hasilnya baik,” ungkap Terawan usai acara Kunjungan Kerja Menteri Kesehatan RI, yaitu “Penggunaan Hasil Riset OMAI” di Dexa Site Cikarang, Bekasi, Jawa Barat beberapa hari lalu.

“Di sela-sela kesibukan mengurus urusan lain, saya juga cek di lapangan, bagaimana ketersediaan bahan baku obatnya (OMAI). Apakah benar-benar sudah tersedia dan cukup,” jelas Terawan.

Terawan mengakui sangat bangga, karena yang dikembangkan bukan hanya obat fitofarmaka saja, tapi bahan substitusi bahan baku obat asli Indonesia.

” Yang terpenting OMAI ini manfaatnya sangat besar dan baik. Efek sampingnya sangat kecil, bahkan dianggap tidak ada,” tambahnya.

Ditemui di Dexa Site Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto mendorong produksi Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) untuk menghadapi COVID-19, yang mengakibatkan stok bahan baku impor bahan baku obat kimia di Tiongkok terhenti.

(idj/idj) / foto : ist

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *