26 May 2019
  • 26 May 2019
Breaking News
  • Home
  • Nasional
  • Politik
  • Caleg DPR-RI Ini Kecam Keras Tewasnya Suporter Jelang Pertandingan Persib-Persija

Caleg DPR-RI Ini Kecam Keras Tewasnya Suporter Jelang Pertandingan Persib-Persija

By on 24 September 2018 2 169 Views

Bandung, ROC – Tewasnya Haringga Sirilia seorang suporter Persija Jakarta sebelum laga menghadapi Persib Bandung, di stadion Gelora Bandung Lautan Api, memantik Caleg DPR-RI Dapil Jabar, DR. Hj. Adjeng Ratna Suminar untuk angkat bicara.

Selain mengucapkan bela sungkawa, wanita asli sunda ini menyebutkan, bahwa tidak ada satupun pertandingan yang harganya sama dengan nyawa. Caleg dari Partai PDI-P tersebut mengaku sangat kecewa dengan ulah oknum supporter Persib yang melakukan hal tersebut.

“Saya selaku urang sunda asli jeung pendukung Persib ti baheula sangat kecewa dengan ulah oknum supporter tersebut, apalagi usia mereka masih belasan tahun,” ujar Ibu Adjeng di Majalaya, (24/9).

Perbuatan tersebut, lanjut Adjeng dinilai dapat merusak proses perdamaian antara Bobotoh dan Jakmania yang selama ini telah dirintis.

“Seharusnya olahraga dapat dijadikan pemersatu, bagaimana olahraga tetap berjalan dan para supporter yang rata-rata generasi muda seharusnya bisa cerdas, menciptakan rasa aman, tertib dan kondusif,” ucapnya.

Ibu Adjeng melanjutkan, bahwa semua satu saudara dari Sabang sampai Merauke, satu jiwa, satu hati, satu bendera Merah Putih, Bangsa satu, tanah air Indonesia. Beliau mengharapkan agar olahraga tetap harus dijaga sportifitasnya. Hilangkan perselisihan, karena hal itu akan merugikan dunia olahraga dan khususnya bangsa Indonesia.

“Kapan persepakbolaan di tanah air akan maju? Apabila hal hal mengenai keamanan dalam satu pertandingan masih minim, dan terjadi keributan,” tandasnya.

Menurutnya, kejadian penganiayaan di GBLA tersebut, yang dilakukan oleh anak muda yang usianya masih belasan tahun, sedang mengalami masa transisi dan sekaligus fase “Gawat” dimana tidak semua remaja dapat melaluinya dengan sukses.

Tawuran atau pengeroyokan oleh remaja tersebut, bisa diartikan dalam mencari jati diri atau identitas siapa mereka. Mereka acap kali merasa gelisah dan serba ingin tahu. Mempunyai hobby ingin coba-coba, karena banyak hal yang mereka lihat, dengar dan fikirkan.

Mengutip dari Hadist Riwayat Ahmad dan Hakim dari Abu Dzar, bahwa disebutkan “pergaulilah umat manusia itu dengan ahlak yang baik,”

“Saya sarankan, janganlah terpancing bila ada seseorang yang mengganggu di tengah keramaian, maafkanlah orang yang mengganggumu, tentu Allah akan mengangkat martabatmu,” sebut Ibu Adjeng. Lanjutnya, hal tersebut sesuai dengan Quran Surah Asy-Syuura Ayat 42: 40, “Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang serupa, maka barang siapa memaafkan dan berbuat baik, maka pahalanya atas tanggungan Allah”.

Sabda Rasulullah SAW, menyebutkan bahwa orang mukmin terhadap mukmin lainnya itu ibarat suatu bangunan antara yang satu dengan yang lain saling menguntungkan,” kutipan dari Hadist Riwayat Al-Bukhari.

“Oleh karena itu, jagalah kekeluargaan untuk semua supporter di seluruh Indonesia, kita semua saudara, junjung tinggi sportifitas, dan untuk oknum supporter yang melakukan tindakan tidak terpuji, biarlah pihak kepolisian yang mengusutnya hingga tuntas dan hukum yang menentukan,” pungkas ibu Adjeng Ratna Suminar. (Red)

2 Comments
  • Yan rizal 8 months ago

    Betul ibu Ajeng anak muda terutama.para bobotoh harus mengedapankan persatuan dan kesatuan antar anak bangsa.

  • devyanti 8 months ago

    Terimakasih atas saranya buat para pemuda harapan bangasa buat oknum pemuda abil mohon tuntaskan meskipun sayapun pengemar persib dari dulu ….masukan dari kamu sbgi warga bandung gmna klau bobotoh perwakilan dari jackmania sama viking di panggil di persatukan jgn ada oknum2 lagi di balik kedua bobotoh jgn ada korban lg jack viking bersodara

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *