23 April 2019
  • 23 April 2019
Breaking News

Bupati Jember Berikan Pelatihan E-Commerce Kepada Ibu Rumah Tangga

By on 22 March 2019 0 18 Views

JEMBER, ROC – Pemerintah Kabupaten Jember memberikan pelatihan e-commerce kepada 40 ibu rumah tangga. “Memberi pelatihan kepada laki-laki mendapatkan hasil satu laki-laki. Akan tetapi, kalau melatih ibu-ibu, maka satu ibu-ibu sama dengan melatih satu generasi,” kata Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR.

Pelatihan ini digelar di Balai Diklat, Komplek GOR Kaliwates Kabupaten Jember. Pelatihan ini di ikuti sekitar 40 ibu rumah tangga. Mereka diantaranya yang telah mengolah sebuah usaha. Namun diantaranya masih belum memiliki usaha.

Bupati Jember mengatakan bahwa, e-commerce sangat penting untuk memberdayakan ibu-ibu rumah tangga yang selama ini menjadi bagian penting ekonomi kerakyatan. Dengan menggunakan teknologi informasi ini, mereka bakal mampu untuk berjualan secara berjaringan.

“Dengan IT, bagaimana mereka bisa merambah ke pasar yang tidak didepan mata dan tidak terjangkau kaki serta tangan. Serta meningkatkan omset dan meraih keuntungan yang lebih besar,” ungkap bupati.

Bupati mengundang langsung 40 ibu rumah tangga dalam pelatihan. Kedepannya nanti akan diberikan lebih banyak peluang. Bukan hanya dilatih saja. Mereka yang mau berlatih, mau mengikuti perkembangan jaman, perlu diberi dukungan lebih.

Oleh karena itu, semua peserta pelatihan berhak menerima bantuan permodalan tanpa jaminan, kata Bupati.

“Jaminannya adalah semangat yang mereka punyai, dsn UMKM yang mereka punyai, produk yang mereka punyai. Pelatihan ini cukup menjadi jaminan bahwa merek mendapat dukungan modal usaha dari 2,5 juta sampai 25 juta,” ungkapnya.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Surabaya di Sidoarjo, Eka Handayani, menyampaikan bahwa, BPSDMP Surabaya Kementerian Komunikasi dan Informatika pelatihan ini juga untuk mendorong segera terwujudnya Jember Smart City.

“Salah satu unsur untuk meningkatkan perekonomian di Jember, dengan upaya bagaimana ibu-ibu tidak ketinggalan jaman juga gaul. Khususnya untuk e-commerce, sehingga Kabupaten Jember segera terwujud smart citynya dengan e-commerce,” katanya.

Program ini bekerjasama dengan Google Jawa Timur. Google yang memberikan fasilitas, bagaimana strategi menaikkan omset serta strategi pemasaran.

Dalam pelatihan ini, juga diharapkan bagi yang belum memiliki produk atau yang sudah mempunyai dapat menjual perdagangannya secara online atau sebagai resseler.

“Ibu-ibu rumah tangga yang hebat. Tidak hanya merawat suami dan mendidik anak, akan tetapi juga sebagai penopang ekonomi keluarga,” ujar. (AH/HP)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *