5 December 2019
  • 5 December 2019
Breaking News
  • Home
  • Nasional
  • BRILian Run 2019 Surabaya Series Jadi Ajang Lari Terbesar & Gratis

BRILian Run 2019 Surabaya Series Jadi Ajang Lari Terbesar & Gratis

By on 2 December 2019 0 13 Views

Jakarta, ROC – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk telah secara konsisten menggelar kegiatan kompetisi lari bagi masyarakat Indonesia. Tahun 2019 ini BRILian Run 2019 Surabaya Series merupakan tahun keempat kegiatan ini digelar bersamaan dengan momentum Hari Ulang tahun (HUT) BRI yang ke-124.

Acara digelar di Lapangan Makodam V Brawijaya. Jumlah peserta pun membludak. Dari yang semula diperkirakan hanya 10 ribu peserta, pada menit terakhir total peserta mencapai lebih dari 12 ribu orang. Tak hanya dari kawasan Jawa Timur, tetapi juga dari daerah lain seperti Solo, Yogyakarta bahkan Sumbawa.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk ikut BRILian Run 2019 Surabaya Series ini masyarakat tak perlu bayar. Punya misi mengajak masyarakat memiliki hidup sehat, Bank BRI menggelar kompetisi lari secara gratis.

Direktur Utama Bank BRI Sunarso pun mengungkapkan seluruh peserta melakukan pendaftaran secara online melalui aplikasi sejak 20 November lalu. Ia juga menyebutkan melalui sistem pendaftraan ini masyarakat tak perlu membayar seperti event lari pada umumnya.

“Alhamdulillah, sebenarnya kita ini mengadakan lomba lari gratis dan terbesar di Indonesia. Dan memang pendaftarannya semua melalui aplikasi online dan diharapkan diikuti oleh maksimal sebenarnya 10 ribu orang saja. Tapi hingga saat ini yang daftar sampai dua belas ribu lebih,” jelas Sunarso kepada wartawan, Minggu (1/12/2019).

Sunarso pun membuka langsung kompetisi lari ini. Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak pun turut hadir dalam pembukaan ajang tahunan tersebut.

BRILian Run Surabaya Series merupakan salah satu rangaian kegiatan BRI dalam rangka ulang tahun BRI yang ke-124.

Tak tanggung-tanggung, total hadiah yang diperebutkan senilai lebih dari Rp 300 juta untuk para pemenang kompetisi lari kategori Half Marathon (21K), Olympic Distance (10K), Fun Race (5K), Fun Run dengan kostum terbaik, hingga beragam hadiah doorprize. Selain lomba lari acara ini pun diisi dengan penyerahan CSR.

BRILian Run 2019 Surabaya Series Jadi Ajang Lari Terbesar & Gratis

“Tadi kita selain lomba lari ini kita juga menyerahkan dana CSR senilai Rp 1.150.000.000. Tujuannya untuk tiga hal yang pertama kita sebut pro planet dalam bentuk revitalisasi fungsi sungai-sungai, dan kemudian ada pro people yaitu perbaikan rumah yang tidak layak huni menjadi layak huni, dan yang terakhir adalah CSR untuk bidang pendidikan,” paparnya.

Menyemarakkan ulang tahunnya yang ke-124, BRI juga menyelenggarakan Pesta Rakyat Simpedes di seluruh Indonesia di 100 kota juga melakukan kegiatan di 19 sungai untuk membersihkan sampah, dan mengedukasi 10 ribu pelaku UMKM.

“Tahun depan BRILian Run ini akan kita adakan lagi karena ini merupakan series. Jadi mudah-mudahan akan terus kita lakukan,” tambahnya.

Seperti diketahui peserta lari BRILIan Run di Surabaya melewati rute yang dimulai dari Lapangan Makodam Brawijaya berlanjut ke Jl. Hayam Wuruk, Jl. Diponegoro, kemudian berputar ke Jl. Dr. Soetomo dan kembali belok ke Jl. Dipenegoro. Setelah itu peserta melanjutkan ke arah Jl. Kutai dan kembali ke titik semula di Lapangan Makodam Brawijaya.

Rohman, salah satu peserta lari asal Banyuwangi mengatakan, sebelumnya ia sempat gagal ketika mendaftar di hari pertama. Namun jelang penutupan akhirnya ia berhasil teregistrasi sebagai peserta.

“Saya tinggal di Banyuwangi dan daftar sejak hari pertama tapi nggak jebol. Ulang lagi di hari terakhir besoknya baru jebol,” ungkapnya.

Ia mengaku dalam kompetisi lari kali ini bukan untuk mengejar ekspektasi waktu, melainkan sebagai kesempatan untuk menantang dirinya di nomor lari 21K.

BRILian Run 2019 Surabaya Series Jadi Ajang Lari Terbesar & Gratis

“Ikut BRILian Run 2019 Surabaya Series ini ya mau coba 21K untuk pertama kalinya. Sebelumnya ikut event cuma 5K atau 10K saja. Saya lebih ke latihan endurance, nggak mengejar waktu. Lebih ke daya tahan saja,” katanya.

Rohman mengungkapkan persiapan latihan untuk mengikuti BRILian Run 2019 Surabaya Series ini dengan berlatih lari di bawah terik matahari.

“Saya siang hari latihan di bawah terik matahari untuk menguji daya tahan saya ketika lari 21K di Surabaya. Tadi saya finish di 2 jam 30 menit. Santai banget memang tadi,” kata Rohman.

Ia pun menilai kompetisi lari yang digelar BRI dipersiapkan dengan matang.

“Semuanya sih bagus, untuk pengamanannya, pemilihan rutenya, juga tracknya. Ke depannya semoga lebih sukses lagi dari yang sekarang dan bisa ada di daerah-daerah lainnya juga,” ungkapnya.

Dalam pesta lari tahunan BRI ini para peserta juga dapat menikmati hiburan yang disuguhkan oleh band kenamaan Andra and The Back Bone. Meski cuaca Surabaya demikian terik, peserta tetap semangat hingga acara berakhir.

Selain itu peserta juga dapat mengunjungi berbagai booth kuliner khas Jawa Timur dan melakukan pembayaran secara non tunai melalui platform pembayaran digital LinkAja.

“Masih ada sejumlah rangkaian lagi dalam hari jadi BRI yang puncaknya diadakan pada 22 Desember 2019 di JCC Jakarta yakni BRILian Festival, sebuah acara internal BRI,” tutup Sunarso.

 

(Red/Detik)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *