29 May 2020
  • 29 May 2020
Breaking News

Bom Bunuh Diri, Tewaskan Lima Orang

By on 15 August 2019 0 157 Views

Chad, ROC – Empat orang warga sipil serta seorang tantara di Chad, Afrika Tengah tewas akibat bom bunuh diri  yang dilakukan oleh pelaku di Danau Chad.

Dilansir dari Reuters, Kamis (15/8/2019), sumber militer dan pemerintah mengatakan serangan itu terjadi tak lama setelah tengah malam di kompleks kepala suku tradisional di distrik Kaiga-Kindjiria. Pelaku berjalan dan meledakkan bomnya tepat ketika orang-orang di kompleks tersebut bersiap untuk tidur.

Danau Chad, yang terbentang di Nigeria, Niger, Chad dan Kamerun adalah basis bagi dua faksi utama kelompok militan IS dan Boko Haram.

Kekerasan di wilayah itu telah menewaskan lebih dari 30 ribu orang dan menelantarkan sekitar 2 juta sejak 2009 saat pertama kali Boko Haram melakukan pemberontakan.

Jihadis di wilayah Danau Chad secara rutin menyergap tentara dan menembaki pasar dan menculik wanita serta anak-anak. Termasuk hampir 270 siswi di desa Chibok pada 2014, ratusan di antaranya masih hilang.

Pada Juni lalu, pasukan Afrika Barat membunuh 42 tersangka pejuang IS dalam pertempuran di wilayah Danau Chad. Korban tewas itu terberat yang diderita para pemberontak selama enam bulan terakhir.

Kendati demikian, mereka terus menunjukkan diri mampu melakukan serangan yang menghancurkan. Bulan lalu, serangan dilakukan terhadap sebuah kelompok yang kembali dari pemakaman di negara bagian Borno di Nigeria timur laut menewaskan sedikitnya 65 orang. (Red/Reu/Detik)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *